web analytics
Inilah Kelebihan Jaringan Viber Optic - Ngebut dan Kencang
Inilah Kelebihan Jaringan Viber Optic - Ngebut dan Kencang

Inilah Kelebihan Jaringan Viber Optic – Ngebut dan Kencang

KABARERTIWI – Capaian dan Kecepatan Jaringan Fiber Optik yang lebih unggul memang dipilihan oleh beberapa internet servis provider (ISP) di Indonesia, hingga bila Anda ingat kembali seputar tahun 2004 kerap menjumpai jalanan yang berlubang karena sedang menempatkan kabel serat optik atau fiber optik.

Pemakaian fiber optik memanglah bukan tanpa argumen karena kabel fiber optik sanggup memberi service internet broadband paling cepat secara bertepatan, di mana pemakai dapat mendapatakan service koneksi internet, telephone, bahkan juga video dalam saat yang bertepatan dengan kecepatan sampai beberapa ratus Mbps. Lantas apa keunggulan dari kabel serat optik ini berikut penuturannya.

Inilah Kelebihan Jaringan Viber Optic - Ngebut dan Kencang
Inilah Kelebihan Jaringan Viber Optic – Ngebut dan Kencang

Keunggulan dan Kekurangan Jaringan Fiber Optik

Keunggulan kabel fiber optik

  • Bandwidth. Jaringan fiber optik secara teori memanglah tidak mempunyai batas bandwidth karena memakai lajur dedicated bandwidth data yang maknanya kekuatannya cuman terbatasi oleh kekuatan fasilitas-prasana di beberapa titik media terintegrasi. Perihal ini pula yang mengakibatkan jaringan fiber optik jadi yang paling depan karena sanggup hasilkan kecepatan sampai beberapa gigabits per second.
  • Masalah. Fiber optik tidak alami permasalahan kepadatan spektrum karena wujud kabel fiber optik sama-sama bersisihan di antara tiap lajur posisi dengan penyuplai service ke konsumen setia. Karenanya fiber optik tidak alami masalah walau ada piranti elektromagnetik disekelilingnya seperti radio, motor, atau kabel-kabel transmisi lain di sekitarnya.
  • Kenaikan perform. Sekali kabel fiber optik terpasang, karena itu performnya dapat dinaikkan cukup dengan mengupdate perlengkapan di titik akhir.
  • Keamanan. Keamanan fiber optik dapat disebut benar-benar susah untuk ditembus, hingga lebih aman karena bebas teror penyadapan atau pemakai yang terhubung secara illegal.
  • Program simpatisan. Karena jaringan fiber optik tidak mempunyai batas bandwidth, hingga kualitas servicenya sanggup memberikan dukungan semua program telekomunikasi terhitung akses jaringan, distribusi jaringan bahkan juga jadi tulang punggung service dalam suatu daerah.

Walau fiber optik sekarang ini masih tempati status sebagai service internet paling cepat dengan downlik sampai 50 Mbps. Sayang, service ini tidak disiapkan oleh semua ISP bahkan juga dalam satu daerah belum pasti dapat meliputi semua posisi yang ada. Karenanya banyak hal membuat service yang memakai fiber optic mempunyai titik kurang kuat.

Kekurangan kabel fiber optik

  • Taktik pembangunan dan peluasan. Rencana sebagai point utama dalam pembangunan fiber optik karena harus dipikir harga pembangunan selanjutnya bagaimana peluasan fiber optik di hari esok saat masing-masing titik awalnya belum tersambung, dan mustahil menambahkan kabel fiber optik di tiap titik pada sejauh lajur.
  • Ongkos penempatan. Ongkos penempatan fiber optik memang lebih mahal karena harus sediakan dana untuk penyiapan membuat lajur di ke-2 tempat selanjutnya memasangan kabel, dan paling akhir memasangan perlengkapan transmisi. Belum juga secara geografis daerah di Indonesia mempunyai kontur yang bermacam, hingga makin besar rintangan di bawah tanah dapat menaikan ongkos penempatan.
  • Ongkos operasional dan perawatan. Seperti telah disebut sebelumnya jika ingin menempatkan fiber optik harus sediakan dana untuk penyiapan membuat lajur di ke-2 tempat, seperti tiang pembangunan, lajur ke-2 segi, dan penutupan konstruksi.Disamping itu ongkos perawatan ikatan fiber lebih mahal karena memakai kabel fisik.

Bila diperbandingkan beberapa media lain, fiber optik memang harga tambah mahal karena harus mempertimbangkan beberapa hal dimulai dari pembangunan, penempatan, bahkan juga operasional dan perawatan. Disamping itu, fiber optik pun tidak fleksibel dan benar-benar susah untuk menginstal.

Walau demikian fiber optik sanggup mencapai sampai 2000 mtr. dengan kecepatan dan kemampuan data lebih dari 1 Gbps, tanpa alami masalah elektromagnetis. Karena itu, banyak data center yang memakai lajur fiber optik sebagai tulang punggung jaringan mereka. Bahkan juga data center dituntut untuk menyiapkan multi carrier network yang maknanya bukan hanya tergantung ke satu provider fiber optik. Data center semacam itu disebutkan sebagai network neutral data center yang dapat dihandalkan oleh beberapa tenant, khususnya untuk perusahaan besar.

Untuk Anda yang tertarik untuk memakai fiber optic memang ada bermacam opsi penempatan fiber optic

  • FTTH (Fiber to the home), fiber optik yang sampai ke beberapa rumah konsumen setia.
  • FTTO (Fiber to The Office), jaringan fiber untuk kantor.
  • FTTB (Fiber To The Building), fiber optik yang sampai ke beberapa gedung.
  • FTTC (Fiber To The Curb), fiber optik yang dibawa ke operator node yang dekat pemakai.
  • FTTN (Fiber To The Node) fiber optik yang dibawa ke node paling dekat disamping sentra.

 

Untuk Anda yang ingin memakai internet dengan ikatan fiber optic ke rumah Anda, ada beberapa ISP terkenal di Indonesia yang menawarakan bermacam paket menarik, seperti

  • Biznet. Service internet fiber optiknya telah mencapai 70 kota yang berada di Jawa, Bali, dan Sumatera dengan kecepatan optimal sampai 100 Mbps.
  • Firstmedia. Service dengan tehnologi kabel fiber-coaxial hybrid dengan kecepatan sampai 100 Mbps ini sayang baru mencapai Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Malang.
  • Indihome. Service tehnologi Fiber Optik dari Telkom ini mempunyai kecepatan 10 Mbps dan berlaku fair usage 300 GB.
  • Indosat Ooredoo GIG. Service internet broadband dengan kecepatan optimal 1 Gbps ini rupanya baru berada di kota besar, seperti Banten, DKI Jakarta, Bandung, Bekasi, Depok, dan Surabaya.

Begitu keterangan berkenaan capaian dan kecepatan jaringan fiber optik, khususnya di Indonesia. Mudah-mudahan bisa menolong anda dalam menimbang penyeleksian provider internet fiber optik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *