web analytics
Inilah Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca & Tips Merawat Agar Awet
Inilah Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca & Tips Merawat Agar Awet

Inilah Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca & Tips Merawat Agar Awet

KABARPERTIWI – Flashdisk bisa jadi berisi data yang sangat penting, Gimana kalo Flashdisk tidak terbaca? Kami tau solusinya, inilah cara mengatasi Flashdisk tidak terbaca dan kami rangkum juga tips merawat flashdisk agar awet.

Mengapa ini penting? Flashdisk adalah perangkat penyimpan data yang menjadi favorite kebanyakan orang, selain ukurannya yang compaq sehingga Flashdisk mudah dibawa untuk aktifitas mobile. Namun, Kukurangan Flashdisk adalah rentan mengalami masalah karena ukuran yang kecil.

Masalah yang sering menimpa Flashdisk adalah mudah sekali tidak terbaca oleh komputer. Tapi ingat, Flashdisk yang tidak terbaca belum tentu rusak ya! Pastikan dulu apakah benar Flashdisk rusak atau hanya tidak terbaca di komputer.

Nah, Inilah cara mengatasi Flashdisk tidak terbaca dan Tips Merawat agar awet.

Cek kondisi flashdisk via Disk Management

Langkah pertama adalah dengan cara mengecek kondisi Flashdisk dengan Disk Management. Ini cara pertama untuk mengetahui apakah Flashdisk anda terdeteksi atau tidak.

Langkah untuk mengetahinya, colok Flashdisk ke Komputer -> Klik Kanan Start di Pojok Kiri Bawah -> Disk Management. Jika Flashdisk anda terdeteksi, maka akan muncul di bagian bawah sebagai “Removable”.

Nah, Jika Flashdisk anda di sini terdeteksi, namun di exporer tidak terbaca cara mengatasinya dengan cara format. Namun ingat, cara ini akan menghapus semua data dalam Flashdisk, Walaupun cara ini bisa mengatasi Flashdisk tidak terbaca, namun resikonya kehilangan.

Cek Kepala Flasdisk

Kepala Flashdisk yang berdebu bisa saja menjadi masalah selain masalah software. Debu di kepala flashdisk bisa menyebabkan flashdisk tidak terbaca.

Untuk memastikan bukan masalah hardware, langkah kedua ini bisa dilakukan sebelum melakukan langkah satu diatas, pastikan kepala flashdisk tidak ada debu yang menggangu koneksi ke komputer.

Untuk membersihkan kepala flashdisk, gunakan kuas untuk menghilangkan debu yang menempel. Untuk membersihkan bagian yang berwarna gold di dalam kepala flashdisk gunakan penghapus pensil.

Update driver di Device Manager

Kemungkinan ketiga yang menyebabkan Flashdisk tidak terbaca bisa saja terjadi karena driver Flashdisk yang sudah kadaluwarsa. Untuk mengatasi masalah ini, buka Device Manager pada komputer, Klik kanan pada start menu -> Device Manager.

Pada Jendela Device Manager pilih USB Root Hub, Klik Kanan dan pilih “Update Driver” -> Pilih “Search Automatically for Update Driver Software”. Pastikan Komputer anda terkoneksi internet, Tunggu sampai proses updte driver Flashdisk selesai.

Matikan fitur USB selective suspend

Fitur USB Selective Suspend jarang diketahui kebanyakan pengguna, ini merupakan fitur untuk membantu menghemat baterai pada laptop. USB Selective Suspend akan mematikan daya port USB, sehingga flashdisk yang di tancapkan pada port usb tidak terdeteksi.

Untuk mamastikan fitur ini tidak aktif, buka Jendela Power & Sleep. Klik Kanan pada start Menu, Pilih Power Opstion, Lalu Pilih Power & Sleep. Lalu silahkan pilih menu Additional Power Saving -> Pilih Change Plan Settings ->Change Advanced Power Settings ->USB Settings -> USB Selective Suspend. Pastikan pada bagian On Bateray and Plugged In dalam posisi “Disabled” semua. Jika Kondisinya Enabled, silhkan ganti ke “Disabled”.

Tips merawat flashdisk agar awet

Berikut ini tips agar awet dan tidak mudah rusak :

  1. Jangan menaruh Flashdisk di sembarang tempat, terutama tempat yang mudah terkena debu dan kotoran dari sekitar penyimpanan.
  2. Pastikan penutup Flashdisk tidak hilang, karena penutup flashdisk menjadi tameng utama untuk melindungi kepala flashdisk dari debu dan kotoran.
  3. Ketika selesai menggunakan flashdisk pada PC selalu lakukan langkah “Eject” device, jangan terlalu lama menamcap pada PC.
  4. Hindari Melakukan Edting file langsung dari flashdisk, usahakan hanya untuk copy file dan backup data. Bukan untuk edit file langsung dari Flashdisk.
  5. Hindari melakukan Defrag pada Flashdisk.
  6. Untuk Berjaga-jaga, jik ada file penting didalam Flashdisk, jangan lupa di lakukan backup.

Itulah beberapa langkah untuk mengatasi Flashdisk tidak terbaca dan Tips untuk merawat flashdisk agar awet dan tidak cepat rusak.

Jika tulisan ini bermanfaat buat anda, jangan lupa share ya. Bisa jadi teman anda membutuhkan cara mengatasi flashdisk tidak terbaca dan belum tahu cara merawat flashdisk agar awet.

Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *