Inilah Cara Mematikan Update Windows 10

KABARPERTIWI – Jadi Mekanisme Operasi computer paling canggih dari Microsoft, Windows 10 sekarang telah berumur lima tahun lebih. Sudah di-launching semenjak tahun 2015, Windows 10 dipilih sebagai Mekanisme Operasi terbaik dan paling populer sekarang ini.

Dalam jumlah pemakai lebih dari 1,5 miliar computer di penjuru dunia, Windows 10 memang mempunyai banyak keunggulan. Microsoft sendiri mengatakan jika Windows 10 ialah kombinasi dari kelengkapan feature Windows 7 dan penampilan antar-muka yang memikat ala-ala Windows 8.1.

Mempunyai banyak tipe dimulai dari Windows 10 Home, Windows 10 Pro, Windows 10 Enterprise, Windows 10 Mobile sampai Windows 10 Pro Workstation, Microsoft memang bernafsu jadi penyuplai Mekanisme Operasi semua basis. Untuk merealisasikan mimpinya itu, Microsoft selalu tingkatkan performa Windows 10 melalui service Windows Up-date.

Apa Sich Windows Up-date dan Apa Perannya?

Seperti namanya, Windows Up-date ialah sebuah service yang disiapkan Microsoft selalu untuk mengupdate alias memutakhirkan Mekanisme Operasi mereka. Oleh karena itu, Windows Up-date akan tingkatkan performa Windows punya beberapa pemakai dengan mengupdate, membenahi bugs sampai menambah sejumlah fitur.

Agar service Windows Up-date ini dapat bekerja, pasti pemakai sebaiknya menyambungkan piranti mereka ke koneksi internet. Pemakai dapat memutuskan untuk aktifkan atau mungkin tidak pada service Windows Up-date.

Cara Mematikan Update Windows 10
Cara Mematikan Update Windows 10

Tetapi Microsoft memang merekomendasikan untuk pemilik Windows 10 sah untuk aktifkan Windows Up-date, bila memang inginkan mekanisme dan program berjalan fresh tanpa permasalahan. Berikut fungsi-fungsi dari Windows Up-date:

1. Mengecek Penyempurnaan Mekanisme

Jadi service favorit dari Microsoft, peranan pertama sekalian paling penting dari Windows Up-date untuk mengecek penyempurnaan pada mekanisme Windows 10. Saat service ini aktif, pemakai dapat mendapatkan info tentang up-date mekanisme dari Microsoft langsung, hingga lakukan pengujian berkenaan apa yang perlu diperbaharui pada piranti.

Nanti mekanisme yang telah diperbaharui dan mendapatkan feature tambahan dari Micsoroft, pasti membuat perform piranti lebih baik. Mekanisme yang selalu terbaru akan membuat pemakai semakin nyaman. Apa lagi jika computer Anda dipakai dalam kebutuhan pekerjaan, pasti selalu harus berperan optimal.

2. Jalan keluar Permasalahan Mekanisme

Sehebat apa saja Mekanisme Operasi, pasti mempunyai kekeliruan-kesalahan kecil yang sering disebutkan bug dan error. Untuk menangani perihal ini pula, Microsoft menyajikan Windows Up-date yang berperan menuntaskan permasalahan mekanisme. Saat service aktif, Windows Up-date akan tahu penyempurnaan feature yang di-launching Microsoft dan langsung mengaplikasikannya pada Mekanisme Operasi.

Dengan up-date yang dilaksanakan, pasti performa dan fungsionalitas Windows 10 dapat berjalan optimal serta lebih efisien. Saat Windows 10 telah diperbaharui, tidak bakal ada kembali bug-bug yang diketemukan. Oleh karena itu, Anda memang disarankan selalu untuk aktifkan service Windows Up-date ini.

3. Tingkatkan Keamanan

Kecuali membuat Windows 10 terlihat up-date, peranan penting dari Windows Up-date ialah membuat mekanisme keamanan piranti lebih maksimal. Karena saat service merombak, Windows Up-date sekaligus juga mengambil database yang berkaitan keamanan. Hingga piranti Anda pasti semakin kuat hadapi virus atau malware yang sedang berkembang.

Memang sekarang ini untuk menangani virus dan malware betul-betul membuat beberapa programmer computer berusaha keras. Virus seakan selalu ada dengan gempuran yang lebih baru, hingga Mekanisme Operasi harus selalu membenahi keamanan mereka. Melalui service Windows Up-date berikut, Microsoft memberi file-file baru hingga piranti Anda akan lebih aman dari gempuran penghancur jaringan computer.

Beberapa Cara Mematikan Windows Up-date

Walau mempunyai peranan yang paling utama pada piranti computer, tetap ada beberapa pemakai yang cari tahu langkah mematikan Windows Up-date. Ada banyak argumen yang membuat lakukan hal tersebut dimulai dari tidak selamanya tersambung ke internet, sampai memakai Windows 10 palsu.

Karena bila Windows 10 ilegal tersambung ke Windows Up-date, bisa langsung error dan memacu permasalahan baru. Terhitung yang begitu? Berikut ialah pembahasan satu-satu tata langkah mematikan Windows Up-date.

Mematikan Up-date Windows 10 Melalui Control Panel

Mematikan Up-date Windows 10 Melalui Control Panel
Mematikan Up-date Windows 10 Melalui Control Panel

Diperbandingkan beberapa cara yang lain akan diulas, mematikan up-date automatis Windows 10 yang termudah ialah lewat feature Control Panel pada piranti Anda. Langsung, berikut stepnya:

  • Membuka menu Control Panel pada computer dengan click kanan pada START MENU > CONTROL PANEL
  • Mencari dan tentukan menu SYSTEM AND SECURITY > ADMINISTRATIVE TOOLS
  • Dalam menu Administrative Tools akan ada banyak tool. Anda cuman diwajibkan tentukan SERVICE selanjutnya click 2x pada Windows Up-date
  • Dalam Windows Up-date, ganti info STARTUP TYPE jadi DISABLED lalu click tombol STOP pada opsi SERVICE STATUS dan paling akhir tentukan OK
    Dengan ini, up-date automatis pada Windows 10 langsung akan stop keseluruhan. Jika nanti Anda ingin lakukan penyempurnaan kembali, tinggal ulang saja beberapa cara di atas dan dalam langkah paling akhir, tukar STARTUP TYPE jadi ENABLE lalu matikan tool STOP > OK.

Mematikan Up-date Windows 10 Melalui Metered Connection

Mematikan Up-date Windows 10 Melalui Metered Connection
Mematikan Up-date Windows 10 Melalui Metered Connection

Memakai Metered Connection ialah langkah selanjutnya yang dapat diputuskan bila ingin mematikan up-date automatis Windows 10. Namun langkah ini harus dilaksanakan saat piranti Anda tersambung ke internet. Tetapi langkah ini tidak mematikan keseluruhan up-date automatis, tetapi batasi koneksi internet oleh program dan mekanisme saat Anda tersambung ke jaringan dengan paket terbatas. Berikut cara-caranya:

  • Membuka menu SETTINGS > NETWORK dan INTERNET
  • Dalam menu Wi-Fi, kelak Anda segera tentukan ADVANCED OPTIONS dan ganti penataan ‘Set as metered connection‘ ke status ON

 

Dengan demikian, setiap Anda tersambung ke internet, up-date automatis Windows 10 tidak bekerja. Tetapi bila Anda ingin lakukan penyempurnaan mekanisme, tinggal balik ke cara di atas dan mengganti sisi metered connection.

Mematikan Up-date Windows 10 Melalui Komposisi Windows Up-date

Untuk Anda pemakai Windows 10 Pro, Windows 10 Education dan Windows 10 Enterprise, sebagian besar tidak dapat mematikan peranan up-date automatis lewat Control Panel dan Metered Connection. Mengapa demikian? Karena tipe Windows 10 yang telah disebut ini, memang mewajibkan runduk pada ketetapan up-date dari Microsoft. Untuk itu dibutuhkan cara paksa. Diantaranya dengan mengendalikan komposisi up-date automatis berikut:

  • Click simbol Windows+R pada keyboard dan tulis ‘gpedit.msc’ lalu click OK
  • Tentukan menu COMPUTER CONFIGURATION > ADMINISTRATIVE TEMPLATES
  • Di bagian Administrative Templates, tentukan WINDOWS COMPONENTS > WINDOWS UPDATE
  • Kelak akan ada beberapa tool dan Anda harus pilih CONFIGURE AUTOMATIC UPDATES dengan click 2x dan tentukan DISABLED > OK

Dengan demikian Windows Up-date langsung akan mati dan untuk menghidupkannya kembali, Anda perlu menukar cara paling akhir dengan mengganti DISABLED ke ENABLED.

Mematikan Up-date Windows 10 Melalui Defer Up-grade

Ada saatnya ke-3 langkah di atas tidak berperan pada beberapa Windows 10. Bila memang demikian, karena itu Anda dapat coba memakai Defer Up-grade. Walau tidak mematikan keseluruhan up-date automatis pada Windows 10, Defer Up-grade berperan untuk tunda pengangkutan up-date sampai optimal 8 bulan.

Oleh karena itu pemakai akan masih mendapatkan patch security, hingga computer masih pada keadaan aman walau tidak mendapatkan up-date dan kenaikan feature. Berikut tata langkah mematikan up-date automatis Windows 10 dengan Defer Up-grade:

  • Membuka lebih dahulu menu penataan pada piranti
  • Tentukan UPDATE dan SECURITY yang berisi service Windows Up-date
  • Pada Windows Up-date, tujukan cursor ke samping kanan dan click ADVANCED OPTIONS
  • Pada menu Advanced Options ada banyak opsi, Anda tinggal lakukan contreng di bagian Defer Up-grade

Kelak sesudah bentang optimal 8 bulan selesai, Windows Up-date langsung akan lakukan perannya dan mengolah penyempurnaan dalam piranti. Mujur, info dari Defer Up-grade ini akan diberitahu ke pemakai hingga Anda dapat menyiapkan piranti untuk langsung tersambung internet saat peranan Defer Up-grade selesai.

Mematikan Up-date Windows 10 Melalui Command PowerShell

Langkah paksa selanjutnya yang dapat dilaksanakan pemakai Windows 10 untuk mematikan up-date automatis ialah lewat Command PowerShell. Sebenarnya tidak begitu berlainan dengan beberapa cara di atas, namun lebih cepat. Sekedar info, PowerShell sendiri sebagai CLI (Command Line Interface) seklaigus bahasa pemrograman yang ditingkatkan oleh Microsoft.

Dengan penampilan antar-muka yang serupa UNIX shell, Microsoft PowerShell dibuat berdasar OOP (Object-Oriented Programming). Berapakah mekanisme operasi dari Windows yang memakai ini ibarat Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008 dan Windows 7. Berikut tata langkah mematikan up-date automatis Windows 10 dengan PowerShell:

  • Membuka lebih dahulu PowerShell selanjutnya kerjakan command ‘Stop-sevice-wuauserv‘, ‘Set-secive wuauserv-startuo disabled‘
  • Agar lebih memberikan keyakinan, Anda langsung bisa mengecek dengan menuliskan command ‘Get-wmiobject win32 sevice-filter “name=’wuauserv‘”
  • Bila sukses, karena itu StartMode bisa menjadi DISABLE dan State jadi STOPPED
  • Jika ingin aktifkan kembali Windows Up-date, tinggal catat saja command ‘Set-sevice wuauserv-startup manual‘, ‘Start-sevice-wuauserv‘

Mematikan Up-date Windows 10 Melalui Win Up-date Setop

Jika di rasa beberapa cara awalnya cukup merepotkan, Anda yang malas repot langsung bisa memakai program Win Up-date Setop. Seperti namanya, program ini direncanakan untuk hentikan paksa proses up-date automatis pada mekanisme WIndows 10. Kecuali lebih ringkas, program Win Up-date Setop ini benar-benar kecil yaitu memiliki ukuran 2MB dan dapat didapat dengan gratis.

Layaknya seperti memakai program, Anda tinggal mengambil Win Up-date Setop lalu memasangnya pada piranti computer. Kalau sudah, membuka program itu dan tentukan tombol DISABLE untuk mematikan peranan auto up-date pada Windows 10. Bila sukses, kelak Windows Up-date akan automatis stop dan memberi info WINDOWS UPDATE ARE DISABLED. Bila ingin menghidupkannya kembali, tinggal tukar saja tombol DISABLE jadi ENABLE.

Keuntungan dan Rugi Mematikan Windows Up-date

Dengan beberapa cara yang telah diutarakan di atas, tentu saja untuk mematikan Windows Up-date pada computer Anda bukan hal yang susah. Lalu, adakah imbas yang dirasakan computer bila tidak mematikan service Windows Up-date? Sudah pasti ada. Berikut pembahasan keuntungan dan kerugiannya, agar bisa saja alasan untuk Anda.

Keuntungan Mematikan Windows Up-date

Bila Anda mematikan Windows Up-date, maknanya Anda tidak mendapatkan penyempurnaan pada Mekanisme Operasi Windows 10 dari Microsoft. Beberapa pemakai Windows 10 ilegal umumnya memutuskan untuk mematikan Windows 10 dan mereka akan mendapatkan keuntungan berikut:

1. Tidak Perlu Menanti Up-date

Sama seperti yang telah dijumpai, proses penyempurnaan yang dilaksanakan service Windows Up-date terang memerlukan waktu. Bukan perhitungan lima menit, umumnya bahkan 30 menit ataupun lebih dimulai dari shutdown sampai booting. Keadaan semacam ini terang mengusik untuk pemakai computer yang sedang repot bekerja dan dikejar deadline, mendadak Windows Up-date lakukan pekerjaannya. Untuk itu saat Anda mematikan Windows Up-date, keuntungannya ialah tidak ada waktu terbuang untuk menanti proses penyempurnaan Mekanisme Operasi.

2. Jaringan Internet Lancar Jaya

Saat service Windows Up-date aktif dan tengah lakukan penyempurnaan mekanisme, sudah tentu akses internet terdiri. Karena Windows Up-date harus mengambil database baru dari Microsoft. Ini seringkali jadi keluh kesah di kelompok pemakai Windows 10, karena kecepatan koneksi internet mereka memiliki masalah saat terjadi up-date mekanisme. Dengan mematikan peranan service ini, pasti Anda dapat bebas memakai koneksi internet.

3. Ada Ruangan HDD Sisa

Salah satunya permasalahan yang kerap muncul karena Windows Up-date terus-terusan lakukan penyempurnaan ialah mengonsumsi ruangan pada HDD (Hard Disk Drive). Karena setiap up-date berjalan, bakal ada file yang didownload dan tersimpan dalam HDD. Sudah pasti semakin kerap up-date, jumlah file akan terus banyak. Bila Anda memakai HDD dengan kemampuan terbatas, pasti semakin mengusik peranan piranti. Karenanya, lebih bagus matikan saja Windows Up-date agar masihlah ada ruangan sisa pada HDD.

4. Tidak Mendapatkan Feature Sia-Sia

Sama seperti yang diterangkan pada awal, Windows Up-date ialah service favorit dari Microsoft untuk penuhi perubahan tehnologi Mekanisme Operasi computer. Bahkan juga diperbandingkan lainnya, Windows 10 terhitung yang tersering lakukan penyempurnaan. Namun, tidak seluruhnya feature baru yang ditawari oleh Microsoft itu bermanfaat. Tetapi Windows Up-date pasti tidak dapat membandingkan apa feature baru ini diperlukan oleh pemakainya atau mungkin tidak, hingga bukan mustahil Anda harus terpaksa mengambil dan menempatkan feature baru karena Windows Up-date.

Kerugian Mematikan Windows Up-date

Saat Anda pilih mematikan Windows Up-date dan pahami bermacam keuntungannya, bukan memiliki arti tidak ada rugi yang akan terjadi. Pemakai Windows 10 yang pilih menonaktifkan service Windows Up-date akan mendapatkan imbas jelek pada performa piranti mereka, seperti berikut:

1. Lebih Rawan Virus

Salah satunya peranan Windows Up-date yang telah diterangkan di atas ialah selalu memberi keamanan dan pelindungan pada piranti Anda. Di mana Windows Up-date akan mengambil dan menempatkan file-file baru yang makin memperbaiki kekuatan pelindungan Windows Defender. Hingga saat Anda pilih mematikan peranan ini, rugi yang paling riil ialah Windows Defender tidak dapat berperan optimal dalam meredam gempuran virus dan malware kembali.

2. Permasalahan Transaksi bisnis Online

Windows Up-date memang melakukan penyempurnaan lengkap pada Windows 10 terhitung bermacam beberapa program bawaan, seperti Microsoft Edge dan Internet Explorer. Ke-2 browser itu sering mendapatkan laporan bug hingga Microsoft selalu memberi up-date. Nach, saat Anda lakukan transaksi bisnis online seperti koneksi internet banking pada Internet Explorer yang tidak di-update, pasti mencelakakan beberapa data individu. Bukan mustahil Anda menjadi korban dari kejahatan cyber karena hanya mematikan feature Windows Up-date.

3. Feature/Software tidak Berperan Optimal

Dan berikut rugi paling akhir yang bakal dirasakan beberapa pemakai bila mematikan peranan Windows Up-date. Yup, saat penyempurnaan mekanisme tidak berjalan, bakal ada banyak feature yang ketinggal jaman.

Bila didiamkan, pasti ini langsung akan mengusik perform piranti karena ada feature atau software yang tidak berperan. Apa lagi bila Anda pilih mematikan up-date di tengah proses berjalan, bisa Windows 10 error saat itu juga dan diwajibkan install ulangi.

Simak juga:

  • Langkah Pengaktifan Windows 10 yang Betul
  • Langkah Install Windows 10 di PC atau Netbook
  • Mengenali Ketidaksamaan Windows 10 Pro dan Windows 10 Home

Intisari

Tentu saja opsi untuk selalu aktifkan atau menghidupkan service Windows Up-date semuanya ada di keputusan pemakai. Namun, dengan peranan Windows Up-date yang lumayan banyak, sebaiknya Anda memang menimbang menghidupkan service ini. Tetapi bila memang harus terpaksa mematikan dengan bermacam argumen, Anda pasti harus telah menimbang rugi dan keuntungan yang akan dirasakan.

 

About Administrator

Check Also

Cara Transfer Saldo Dana ke ShopeePay dan Sebaliknya

Kabarpertiwi.com – Bagaimana cara transfer saldo Dana Ke ShopeePay atau Transfer Shopeepay ke DANA? Sebenarnya …