Inilah 5 Cara Mengembalikan Foto WhatsApp Yang Terhapus Dengan Mudah

KABARPERTIWI – 5 Cara Mengembalikan Foto WhatsApp yang terhapus di Jamin berhasil jika kamu sering melakukan backup data WA.

WhatsApp adalah aplikasi chating dan video call yang paling banyak diminati di Indonesia. Memiliki user pengguna yang sangat banyak, sehingga penting sekali bagi kabarpertiwi untuk berbagi bagaimana mengembalikan foto yang terhapus. Biasanya user melakukan aksi Delete for Me, fitur ini akan menghapus chat dan media foto untuk mengosongkan memory ponsel.

Nah, adakalanya foto dan file penting tanpa sengaja terhapus. Nah, disinilah kita berbagai, bagaimana cara mengembalikan foto WhatsApp yang terhapus?

[toc]

Berikut cara-cara mengembalikan foto WhatsApp yang terhapus dari ponselmu :

1. Ambil Dari File Backup WA

Yang pertama untuk menyelamatkan foto WhatsApp yang terhapus adalah dengan cara mengambil foto dari file backup. File backup WhatsApp biasanya tersimpan di Google Drive untuk ponsel android dan di iCloud pada ponsel iPhone.

Nah, Untuk melakukan cara ini, kamu harus memastikan bahwa kamu sudah pernah backup file WhatsApp kamu. Jika sudah pernah backup data sebelumnya, ikuti step-step berikut ini :

  1. 1. Liat Kapan terakhir kamu melakukan backup, buka menu setting > Chats > Chats Backup.
  2. Cek kapan terakhir kamu melakukan Backup, atau kapan backup otomatis terakhir dijalankan.
  3. Jika file atau foto yang terhapus dalam rentang waktu backup, lakukan uninstall aplikasi WhatsApp.
  4. Install WhatsApp seperti biasa, dan setup seperti biasanya.
  5. Pada saat setting pertama kali dan ada pilihan pulihkan atau restore data backup, silahkan pilih yes dan ikuti langkah-langkahnya.
  6. Tunggu Proses restore selesai, cara ini pasti berhasil kalo file foto sudah pernah terbackup.

2. Cek di Folder Media WhatsApp di Ponsel

File foto WhatsApp yang terhapus bisa jadi cuma terhapus dalam history chats saja. Bisa jadi file yang tersimpan didalam memory ponsel masih tersedia.

Untuk memastikan file foto masih ada, bisa di cek pada folder media WhatsApp. Buka WhatsApp > Menu > Media > WhatsApp Images. Bisa di cek satu-satu apakah file foto yang kamu cari masih ada dalam folder media WhatsApp.

3. Restore Foto melalui Google Drive

Nah, ini cara mudah mengembalikan Foto WhatsApp yang terhapus melalui google drive. Karena Google drive, maka cara ini hanya pengguna WhatsApp Android yang bisa melakukannya.

Berikut ini adalah langkah mudah mengembalikan foto WhatsApp yang terhapus :

Buka Browser kesayanganmu, lalu masuk ke google Drive.
Pilih Menu Trash atau tempat sampah, biasanya terletak pada sibebar sebelah kiri.
Foto atau media yang terhapus dari WhatsApp kemungkinan masih tersimpan sementara di google drive. Jika di temukan, klik kanan pada foto lalu pilih restore.

4. Gunakan WhatsRemoved+

Cara ini menggunakan jasa pihak ketiga, yaitu WhatsRemoved+. Fitur Applikasi ini cukup banyak, salah satunya mengembalikan foto WhatsApp yang terhapus dan juga menampilkan pesan yang di hapus pengirimnya.

Berikut caranya :

  • Unduh dan Install Aplikasi WhatsRemoved+ di Google Play Store;
  • Berikan izin WhatsRemoved+ untuk mengakses WhatsApp App;
  • Kemudian Pilih Save Files & klik Allow;
  • Dengan Aplikasi WhatsRemoved+ Semua salinan foto, file, dan chat WhatsApp yang masih ada ataupun yang terhapus akan tersimpan di dalam aplikasi WhatsRemoved+.

5. Minta Kembali foto Yang Terhapus pada orang yang mengirimnya di WhatsApp

4 cara sebelumnya bisa dikatan tidak menjamin bisa mengembalikan foto yang terhapus di WhatsApp, tergantung bagaimana seseorang melakukan rutinitas backup data WhatsApp nya. Semakin sering kita melakukan Backup WhatsApp, maka semakin mungkin untuk mengembalikan foto yang terhapus.

Namun cara ke-5 ini merupakan cara yang bisa dikatakan hampir 100 berhasil mengembalikan foto yang terhapus. Dengan cara meminta dikirim kembali oleh orang yang mengirim foto tersebut.

Karena bisa jadi mereka masih menyimpan foto asli yang dikirimakn kepada kamu melalui WhatsApp. Jadi cara ini lebih cepat dan efisiean dalam mendapatkan kembali foto WhatsApp yang terhapus.

Nah, untuk antisipasi data penting kamu, alangkah baiknya jika kamu rutin melakukan backup WhatsApp. Bisa dilakukan secara manual maupun automatis.

Belum tahu caranya backup WhatsApp? Baca Artikel di Bawah ini ya.

About Administrator

Check Also

Cara Transfer Saldo Dana ke ShopeePay dan Sebaliknya

Kabarpertiwi.com – Bagaimana cara transfer saldo Dana Ke ShopeePay atau Transfer Shopeepay ke DANA? Sebenarnya …