web analytics
Inilah 4 Aplikasi Perekam Layar Android Terbaik & Cara Merekam Layar
Inilah 4 Aplikasi Perekam Layar Android Terbaik & Cara Merekam Layar

Inilah 4 Aplikasi Perekam Layar Android Terbaik & Cara Merekam Layar

KABARPERTIWI – Pernahkah Anda menonton video tutorial atau melihat sesuatu secara online yang ingin Anda rekam dan bagikan dengan orang lain? Banyak yang terbiasa merekam layar; Namun, yang kurang diketahui adalah aplikasi perekam layarnya. Tahukah Anda bahwa perangkat Android Anda dapat merekam layar?

Apakah Perekaman Layar (Screen Recorder) itu?

Seperti namanya, Anda benar-benar mengambil apa yang Anda lihat dan menyalinnya sebagai rekaman saat Anda merekam layar. Fitur ini dapat menjadi aset berharga bagi mereka yang ingin mengikuti petunjuk langkah demi langkah atau hanya ingin menyimpan rekaman untuk kenang-kenangan atau suvenir.

Mengapa Saya Harus Merekam Layar?

Tidak yakin mengapa perekaman layar akan berguna atau membantu? Pertimbangkan situasi berikut di mana menggunakan aplikasi rekam layar akan bermanfaat.

Mempelajari atau Mengikuti Instruksi

Hari-hari ini Anda dapat menemukan hampir semua hal di world wide web. Ada video YouTube tentang cara memperbaiki komputer rusak hingga cara mengganti ban kempes. Kekurangan dari video-video ini adalah bahwa video-video tersebut sering kali terjadi dengan kecepatan waktu nyata; dapat menjadi tantangan bagi mereka untuk mengikuti langkah-langkah tersebut. Dengan rekaman layar (Screen Recording), pemirsa dapat menekan jeda setelah setiap instruksi dan mengikutinya.

Membuat Konten Pengajaran atau Instruksional

Rekaman layar sangat bagus untuk mereka yang mempelajari keterampilan baru, tetapi itu tidak akan mungkin kecuali seseorang membuat videonya. Tergantung pada aplikasinya, perekaman layar dapat menjadi cara untuk mengedit dan menambahkan teks ke video pemirsa. Saat Anda menonton video yang bergerak lambat, atau ada gelembung obrolan, itu adalah hasil dari perekaman layar.

Menonton Ulang Video Menarik

Berapa kali Anda melihat video lucu atau menarik yang ingin Anda bagikan dengan orang lain? Kemungkinannya adalah di antara Facebook, Twitter, dan TikTok, ada video yang ingin Anda simpan ke ponsel untuk dibagikan dengan teman dan keluarga. Dengan rekaman layar, Anda dapat melakukannya. Saat Anda menonton video, Anda tidak perlu khawatir kehilangan atau kehilangan momen itu; cukup rekam layar dan video itu tetap bersama Anda. Menggunakan screengrab sering dikaitkan dengan penggunaan dan fitur pribadi; namun, beberapa bisnis dan perusahaan menggunakannya untuk membantu melatih dan mempelajari operasi mereka. Terlepas dari tujuannya, apakah itu untuk bersantai atau tidak, screengrab adalah fitur Android yang mulai banyak dimanfaatkan.

Cara Merekam Layar di Android

Bagi siapa pun yang ingin merekam layar, ada aplikasi khusus yang dapat Anda unduh dari toko Google. Namun, ada beberapa contoh di mana perangkat Android memiliki fitur bawaan. Untuk menggunakan rekaman layar bawaan pada perangkat Android Anda: – Putar video atau rekaman yang ingin Anda rekam layarnya. – Dengan satu atau dua jari, gesek ke bawah dari atas perangkat Android Anda.
– Menu yang menampilkan opsi: Lokasi, Hotspot, Invert Colors, Data Saver, Dark Theme, Screen Cast, dan Screen Record akan muncul. – Pilih rekaman layar.
– Pilih untuk mengedit rekaman layar Anda seperti yang direkam dengan memilih atau mengetuk Mulai. – Untuk mengakhiri perekaman layar, geser ke bawah dari atas perangkat Android dan klik ikon Rekam Layar. Jika opsi untuk memilih rekaman layar tidak muncul di menu gesek ke bawah Anda, itu mungkin tersembunyi di balik opsi menu lainnya. Anda dapat memilih Edit untuk menyimpannya ke menu Pengaturan Cepat. Semua rekaman layar disimpan di bagian Film di perpustakaan perangkat Android Anda.

4 Aplikasi Terbaik Perekam Layar Android

Jika perangkat Android Anda tidak memberikan opsi untuk merekam layar, jangan khawatir. Ada aplikasi pihak ketiga yang dapat diunduh yang dapat merekam layar untuk Anda. Berikut adalah empat aplikasi perekaman layar populer untuk perangkat Android apa pun.

Perekam Layar AZ

AZ Screen Recorder memungkinkan pengguna untuk tidak hanya merekam layar, tetapi saat perekaman berlangsung, mereka juga dapat mengambil screenshot atau foto secara bersamaan. Ini menampilkan beberapa fitur pengeditan dan penyesuaian, tetapi menjadikannya aplikasi perekaman layar teratas karena tidak menampilkan tanda air apa pun pada rekaman. Ini adalah sesuatu yang dimiliki sebagian besar aplikasi perekaman layar gratis kecuali Anda membeli versi berbayar.

 

Download AZ Screen Recorder Android at google play store.

Google Play Game

Jangan tertipu dengan namanya; Google Play Game adalah aplikasi perekaman layar; Namun, ini adalah perekam layar untuk pemain yang suka menonton kembali permainan strategis mereka. Ini adalah aplikasi populer untuk pengguna Twitch di mana pemain membagikan komentar mereka. Tidak seperti aplikasi perekaman layar lainnya yang menyimpan rekaman di perpustakaan, ada opsi untuk memiliki video, saat perekaman berhenti untuk mengunggah langsung ke YouTube.

Download  Google Play Game at Google Play Store

Xrecorder

Misalkan Anda menikmati menambahkan tambahan yang rapi ke video Anda atau mencoba menemukan cara unik dan kreatif untuk terlibat melalui video Anda. Dalam hal ini, XRecorder adalah aplikasi perekaman layar untuk Anda. Aplikasi khusus ini memiliki versi berbayar dan gratis. Versi berbayar menawarkan berbagai opsi pengeditan, sedangkan versi gratisnya terbatas – belum lagi, beberapa iklan sering muncul.

Perekam Layar Mobizen

Jika Anda mencari aplikasi rekam layar yang merupakan campuran dari Google Play Game dan AZ Screen Recorder, maka Mobizen Screen Recorder cocok untuk Anda. Perekam Layar Mobizen menawarkan yang terbaik dari kedua dunia untuk pemain dan pengguna perekam layar sesekali.

Aplikasi ini memungkinkan Anda mengedit rekaman layar Anda dengan musik dan menambahkan caption intro dan outro yang berkesan. Bergantung pada alasan Anda ingin merekam layar, ada berbagai aplikasi yang tersedia. Temukan yang sesuai dengan kebutuhan Anda, apakah itu game atau membuat materi pembelajaran. Unduh Perekam Layar Mobizen

Kesimpulan

Jika Anda ingin merekam atau membuat video tutorial, pertimbangkan untuk menggunakan opsi rekam layar perangkat Android Anda. Misalkan Anda sedang mencari cara untuk meningkatkan rekaman Anda. Dalam hal ini, Anda dapat mengunduh aplikasi rekam layar dari toko Google. Opsinya tidak terbatas dengan rekaman layar, terutama karena tidak memerlukan banyak pekerjaan, cukup geser ke bawah dan tekan rekam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *