Inilah 10 Cara Mempercepat Koneksi Wifi Dengan Mudah

KABARPERTIWI – Koneksi Internet telah manjadi kebutuhan pokok bagi semua orang, nah bagaimana cara mepercepat koneksi Wifi dirumah? kita akan mengulasnya disini dengan detail.

Layanan jaringan internet kadang kala mengalami trouble, entah itu koneksi putus, koneksi Wifi mengalami penurunan kecepatan atau lambat dan lain sebagainya. Namun tidak usah kawatir, kita cukup melakukan langkah sederhana untuk memastikan dan mengetahui masalah koneksi Wifi yang melambat.

[toc]

Langkah yang perlu diambil adalah mengecek router yang digunakan. Pastikan anda memperhatikan 10 point penting untuk memastikan router sudah dalam posisi benar.

Langkah bisa juga digunakan sebagai panduan pemasangan Wifi dirmuah agar koneksi lebih cepat.

Langkah Sederhana Mempercepat koneksi Wifi

1. Periksa Lokasi Pemasangan Router

Lokasi pemasangan router sangat mempengaruhi kekuatan sinyal, tentunya akan mempengaruhi kecepatan wifi.

Router berfungsi sebagai pemancar sinyal Wifi, sehingga untuk penyebaran sinyal yang bagus dan menjangkau seluruh ruangan rumah, sebaiknya diletakkan di tengah ruangan.

Peletakan di dekat jendela atau di luar rumah akan membuang sinyal keluar rumah, sehingga mengurangi kecepatan wifi didalam rumah.

2. Letakkan Router di tempat tinggi

Posisi router ditengah rungan adalah langkah pertama, langkah kedua adalah meletakkan router di tempat yang tinggi, agar sinyal dapat menyebar kesegala penjuru ruangan.

Jangan pernah meletakkan router di lantai, karena akan menghambat sinyal wifi, sehingga kecepatan wifi akan menurun.

3. Taruh router di rungan paling sering ditempati

Untuk memaksimalkan penggunaan wifi dan agar koneksi wifi makin cepat, sebaiknya router diletakkan pada rungan yang paling sering digunakan untuk online. Dengan demikian, sinyal akan sangat kuat ketika anda sedang menggunakan Wifi.

4. Letakkan Router pada ruangan terbuka

Beberapa bahan perabot dirumah dapat menyerap sinyal yang dipancarkan router, sehingga sinyal wifi menurun. Nah, agar sinyal Wifi optimal, peletakan router terbaik adalah pada ruangan yang terbuka. Jangan meletakkan router di antara mebel / lemari atau bahkan didalam almari.

5. Jauhkan router dari peralatan elektronik lain

Untuk menghindari ganguan sinyal wifi, sebaiknya peletakan router jauh dari peralatan elektronik rumah tangga lainnya. Perabot rumah tangga yang menghasilkan sinyal elektromagnetic dapat menghambah kinerja router, sehingga sinyal menjadi lebih lemah. Perabot tersebut antara lain, Televisi, microwave, telepon dll.

6. Posiskan antena router berdiri

Agar sinyal wifi kuat dan memancar lebih jauh, posisikan antena router berdiri atau dalam posisi vertical. Dengan posisi antena vertical, sinyal akan menyebar lebih kuat dan jauh.

7. Cek Kekuatan Sinyal Wifi

Salah satu fungsi pengecekan kekuatan sinyal wifi adalah mengecek ruangan mana saja yang menerima sinyal kuta dan yang kurang. Gunakan aplikasi pihak ketiga seperti Amped untuk mengetahui kekuatan sinyal wifi.

8. Atur jangkauan sinyal wifi dari panel admin

Untuk mempercepat koneksi wifi, anda dapat mengatur kekuatan sinyal wifi yang di pancarkan oleh router. Untuk melakukan hal ini, anda bisa masuk ke panel admin menggunakan ip yang disediakan oleh privider internet anda. Biasanya, ada di bawah router atau pada buku panduan.

Pada pengaturan router, anda dapat mengubah channel frekuensi roter. default yang diseting oleh provider bisanya menggunakan 14 channel. Untuk mengurangi gangguan karena chanel bentrok atau digunakan oleh orang lain, gunakan chanel 1, 6 atau 11.

Update juga firmware router yang digunakan. Untuk meningkatkan perfoma Router, produsen biasanya melakukan update firmware.

9. Cek Speed Test

Untuk mengetahui masalah pada koneksi wifi anda, sebaiknya dilakukan speed test. Langkah pertama cek speed test pertama menggunakan koneksi wifi, untuk bahan perbandingan, cek speed test kedua menggunakan koneksi kabel.

10. Komplain ke Penyedia Layanan Internet

Jika langkah-langkah diatas sudah dicoba semua, dan koneksi masih tetep lambat dan tidak sesuai dengan kecepatan yang sudah dibeli, sebaiknya komplain ke penyedia jasa.

Bila routernya bermasalah maka sebaiknya minta ganti router baru.

Itulah 10 cara mempercepat koneksi wifi dirumah. bagi yang baru akan memasang / berlanggnan internet sebaiknya di pahami betul agar peletakan router sesuai dengan panduan ini.

About Administrator

Check Also

Cara Transfer Saldo Dana ke ShopeePay dan Sebaliknya

Kabarpertiwi.com – Bagaimana cara transfer saldo Dana Ke ShopeePay atau Transfer Shopeepay ke DANA? Sebenarnya …