web analytics
Cara mengusir Semut Ampuh
Cara mengusir Semut Ampuh

Cara Mengusir Semut Ampuh

KABARPERTIWI – Bagi Anda semut merupakan pengganggu kenyamanan di rumah. Tahukah Anda cara mengusir semut yang ampuh? Semut memang sangat mengganggu, ada sedikit remahan dan noda minuman saja bisa memancing semut untuk menyerbunya.

Ada cara yang mudah untuk mengusir semut bisa dengan menyemprot obat nyamuk yang berbahan pestisida. Namun jika terlalu sering menggunakan pestisida bisa berdampak buruk untuk penghuni rumah.

Terlebih jika menyemprot obat nyamuknya terlalu dekat dengan bahan makanan, bisa sangat berbahaya. Tetapi Anda bisa tenang karena ada beberapa cara yang aman dan alami untuk mengusir nyamuk.

Bermacam cara mengusir semut yang ampuh 

Pada setiap rumah pasti ada sarang semut, yang setiap saat semut bisa keluar untuk mencari makan atau ketika ada makanan atau minuman yang berceceran. Untuk mengatasi masalah semut bisa Anda simak ulasan dibawa ini. 

1. Lada atau cabe bubuk

Jika Anda menemukan barisan semut, segera taburkan bubuk lada hitam atau bubuk cabai di dekat barisan tersebut. Aroma dari bubuk lada atau cabe  dapat membuat semut tidak mau naik ke permukaan lemari atau meja.

2. Bubuk kayu manis

Bubuk kayu manis merupakan bahan alami yang bisa dipakai untuk mengusir semut. Ada sebuah riset yang menggunakan minyak esensial kayu manis untuk mengusir nyamuk. Walau nelum diketahui abakah sangat efekti atau tidak, namun tidak ada salahnya Anda mencoba menggunakan bahan halami tersebut. Taburi bubuk kayu manis pada area yang sering dilewati oleh semut.

3. Tepung maizena (tepung jagung)

Bagaimana cara menggunakan tepung maizena untuk mengusir semut? Anda cukup taburkan tepung maizena pada area dapur yang mungkin terdapat sarang semut. Setalah ditaburkan bisa Anda tambahkan air sedikit, memang terlihat nampak sedikit berantakan tetapi cara ini bisa mematikan banyak semut.

4. Bubuk atau ampas kopi

Selain bahan-bahan di atas , bubuk kopi juga bisa digunakan untuk mengusir semut. Taburkan ampas atau bubuk kopi ke area halaman rumah yang menjadi sarang semut. Seperti ditaburkan di pot atau area yang sering ditemukan semut.

5. Cuka

Cuka bisa juga digunakan untuk membunuh atau mengusir semut. Bubuhkan larutan cuka yang dicampur dengan air pada barisan semut yang membandel. Aroma cuka mungkin cepat hilang tetapi bagi semut walaupun sudah kering aroma cuka sangat mengganggunya dan pasti akan dihindari.

6. Pakai bedak tabur

Bedak tabur atau talek bisa dipakai untuk mengusir semut di rumah. Caranya sangat mudah tebarkan bedak tabur disarang semut. Biasanya terdapat di pinggir lantai, tembok, pintu atau jendela, semut tidak akan melewati taburan bedak apalagi jika menempel pada semutnya.

7. Tea tree oil

Cara berikutnya Anda bisa menggunakan tea tree oil untuk mengusir semut di rumah. Caranya simpel, campurkan 5-10 tetes minyak dengan dua gelas air. Lalu masukkan ke dalam botol semprot, atau bisa juga menggunakan bola kapas.

Anda semprotkan pada sarang semut, jika memakai bola kapas letakkan bola kapas yang sudah di bahasi tea tree oil dan air pada tempat yang sering semut lalui. Aroma dari tea tree oil sangat ampuh untuk mengusir semut, jika aroma terlalu kuat bisa dicampur dengan minyak peppermint. Perlu diperhatikan, jauhkan ini dari jangkauan anak-anak  atau hewan peliharaan.

8. Cara mengusir semut Dengan Minyak peppermint

Minyak peppermint juga bisa digunakan untuk membasmi semut secara efektif. Gunakan 10-20 tetes minyak peppermint dengan 2 gelas air, masukkan ke dalam botol semprot. Kemudian semprotkan cairan ini pada area-area yang sering dilalui semut atau pada sarang semut.

9. Cairan pembersih kaca atau detergen cair

Cara mengusir semut yang ampuh selanjutnya, bisa dengan menggunakan campuran cairan pembersih kaca dan detergen cair. Masukkan campuran cairan tersebut ke dalam botol semprot. Kemudian semprotkan cairan ini pada area semut berkerumun atau berbaris. Tetapi perlu diingat Anda untuk segera membersihkan bekas semprotannya, karena belum ada penelitian yang mendukung penyemprotan dengan campuran ini.

10. Cara mengusir semut dengan Asam borat

Bahan alami yang sudah Anda lakukan masih belum mengatasi semut-semut yang membandel, Anda bisa gunakan asam borat sebagai cara mengusir semut dengan ampuh. Anda bisa Jika bahan alami ala rumahan tidak dapat mengusir semut yang mengganggu di rumah, Anda mungkin perlu menggunakan asam borat sebagai cara mengusir semut yang paling ampuh.

Anda bisa membeli asam borat di toko bahan kimia. Taburkan asam borat ini pada tembok bagian bawah, area dapur, atau di tempat-tempat semut bersarang. Atau bisa dengan cara seperti ini:

  • Masukkan ½ sendok teh asam borat, 8 sendok teh gula, ke dalam 1 gelas air hangat.
  • Aduk hingga tercampur merata.
  • Masukkan campuran cairan ke dalam botol semprot.
  • Dan semprotkan larutan tersebut ke area yang banyak semut.

Atau bisa juga menggunakan bola kapas yang sudah dibasahi dengan campuran tersebut dan letakkan dibeberapa sudut rumah atau di sarang semut. Anda juga bisa menggunakan bola kapas yang sudah dibasahi dengan campran cairan tersebut kemudian letakkan bola kapas pada area semut berbaris atau sarang semut.

Dengan asam borat Anda juga bisa membuat perangkap semut, caranya campurkan bubuk asam borat dengan makan atau minuman manis seperti gula, syrup, atau selai. Sebarkan campuran ini pada area yang dituju. Perlu waspada, jangan dekatkan anak pada area taburan asam borat ini. Simpan dengan aman sisa asam borat ini, jauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

11. Sodium tetraborate (Boraks)

Sodium tetraborate atau sering disebut boraks bisa dipakai untuk mengusir semut dengan ampuh. Caranya sama dengan asam borat, campurkan boraks dengan gula, dan air hangat. Dan jauhkan bahan kimia ini dari jangkauan anak-anak atau hewan peliharaan saat Anda menggunakannya.

12. Cara mengusir semut dengan Lemon

Cara berikutnya Anda bisa menggunakan buah lemon, masukkan perasan buah lemon ke dalam botol semprot. Kemudian semprotkan air leomon ini ke tempat semut itu berada. Aroma dari buah ini tidak di sukai semut.

Cara mengusir semut agar tidak bersarang di dalam rumah

Biasanya semut suka tinggal di tempat yang sedikit lembap. Sering muncul di area dapur, tempat makan seperti meja makan, atau semut akan berkerumun pada makan yang berceceran dan minuman manis yang tumpah. Meski terkadang terlihat sudah bersih dari semut terkadang semut akan membuat sarang lagi. Untuk itu berikut ini cara agar semut tidak bersarang kembali:

  • Segera bersihkan tempat yang terkena tumpahan minuman atau makanan tercecer, seperti di meja makan atau lantai.
  • Simpan makanan atau buah dalam wadah kedap udara, dan masukkan ke dalam kulkas atau lemari makanan di dapur.
  • Jangan simpan buah dan makanan manis di tempat terbuka.
  • Bersihkan selalu tempat sampah.
  • Jaga kebersihan tempat makanan hewan peliharaan.
  • Cegah adanya sarang serangga pada pot tanaman.
  • Perhatikan dinding dan lantai agar semut tidak membuat sarang.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengusir semut ampuh, Anda bisa mencobanya dengan memilih salah satu dari cara-cara di atas. Apabila memakai bahan kimia pastikan keamanannya. Seperti menggunakan sarung tangan dan jauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *