web analytics
Cara Menghapus Cache di Android dan Kapan Harus di Hapus
Cara Menghapus Cache di Android dan Kapan Harus di Hapus

Cara Menghapus Cache di Android dan Kapan Harus di Hapus?

KABARPERTIWI – Inilah Cara menghapus Cache di Android dan Kapan Harus di Hapus? Untuk sebagian besar pengguna yang sudah paham teknologi, ketika mereka mendengar ungkapan cache yang jelas, itu sama sekali tidak menakutkan atau asing. Di sisi lain, beberapa orang tahu persis apa yang harus dilakukan dan mengapa membersihkan cache di Android Anda sangat penting. Untungnya, kami memecahnya, jadi Anda tahu cara menghapus cache di Android dan pentingnya melakukannya.

Apa Artinya Menghapus Cache di Android?

Menghapus cache di Android berarti meningkatkan kinerja ponsel Anda sambil memastikan bahwa data yang tidak berguna dan tidak relevan tidak membebani memori ponsel Anda. Ponsel Android sangat mirip dengan komputer karena dapat menyimpan informasi dari situs web yang dikunjungi. Terkadang hal ini dapat menyebabkan masalah jika cache Android (atau komputer) Anda tidak dibersihkan secara rutin dari semua penjelajahan yang Anda lakukan.

Jika cache Android Anda tidak dikosongkan, itu dapat membuat pembukaan browser dan aplikasi menjadi lambat. Saat cache tidak dikosongkan dan Anda mengunjungi situs web yang baru-baru ini diperbarui, hal itu dapat menyebabkan masalah dengan tampilan halaman. Ini karena Android Anda memiliki format lama dan bukan desain baru dan terupdate dalam memorinya.

Mengapa Menghapus Cache Android Anda Itu Penting?

Apakah Anda merasa ponsel Android Anda lambat merespons saat Anda mencoba mengirim SMS atau membuka Google? Kemungkinannya adalah jika Anda belum dalam seminggu terakhir atau lebih membersihkan cache Anda, inilah alasannya. Setiap kali Anda menjelajahi halaman web, terutama yang mengharuskan Anda untuk masuk, aktivitas ini disimpan dalam apa yang dikenal sebagai cache.

Selain cache yang menyimpan informasi penjelajahan dan masuk Anda, ini juga bertanggung jawab untuk mengambil konten halaman yang Anda telusuri dengan cara yang lebih cepat. Bagaimana cara melakukannya? Setiap kali Anda menelusuri sesuatu, konten halaman itu akan diingat. Saat Anda menjelajahi konten grafis yang kaya, Anda dapat mendownload konten lebih cepat daripada jika Anda mengakses halaman untuk pertama kali. Bagaimana bisa? Karena Android Anda mengenali alamatnya, ia tahu bagaimana tampilannya saat Anda memuat.

 

Cara Menghapus Cache di Perangkat Android

Jika Anda belum pernah membersihkan cache sebelumnya atau hanya mempelajarinya sekarang, itu tidak sesulit kedengarannya. Berikut adalah langkah-langkah yang harus diambil saat membersihkan cache di perangkat Android Anda.

  1. Buka browser Android Anda (biasanya Google atau Chrome)
  2. Di sisi kiri, pilih tiga titik vertikal – ini akan membuka menu drop-down.
  3. Setelah menu drop-down terbuka, klik Sejarah
  • Riwayat akan membuka data penjelajahan Anda.
  • Riwayat ditetapkan secara default untuk menunjukkan apa yang telah Anda kunjungi dalam satu jam terakhir; namun, Anda dapat menyesuaikan ini untuk melangkah lebih jauh ke belakang.
  • Pilih Gambar dan File yang Di-cache- Bergantung pada Rentang Waktu, itu akan mengambil semua yang ada di dalam jendela waktu itu dan menghapus informasi yang di-cache.
  • Setelah Anda memilih informasi untuk dihapus, Anda kemudian dapat memilih Hapus Data.

Ini akan menghapus cache dari penggunaan umum perangkat Android Anda; namun, aplikasi tertentu menyimpan informasi langsung melalui aplikasi tersebut. Untuk menghapus cache yang khusus untuk aplikasi, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Hidupkan perangkat Android Anda dan buka menu Pengaturan.
  • Dari menu pengaturan, pilih Penyimpanan.
  • Dari opsi Penyimpanan, akan ada opsi Penyimpanan Internal atau Eksternal; pilih Penyimpanan Internal.
  • Ketika Anda memilih Penyimpanan Internal, itu akan menampilkan Tersedia, Aplikasi, Gambar, Video, Audio, Data Cache, Data Sistem, dan Lainnya. – Pilih Data Cache – melakukan ini akan membuka jendela yang mengonfirmasi bahwa Anda ingin menghapus Data Cache, pilih OK.

Catatan: Menghapus cache dari aplikasi tidak menghapus aplikasi dari perangkat Anda. Ia tahu untuk menghapus aspek aplikasi yang tidak lagi digunakan atau versi aplikasi yang lebih lama. Menghapus cache untuk aplikasi sebaiknya dilakukan saat memastikan aplikasi Anda tidak macet saat Anda membukanya. Pembuat aplikasi sering memperbarui banyak aplikasi; oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan mengosongkan cache Anda saat ada pembaruan pada aplikasi Anda.

Kapan Menghapus Cache dari Android Anda

Tidak yakin kapan harus menghapus cache Android Anda? Pertimbangkan untuk membersihkan cache jika Anda mengalami salah satu dari yang berikut ini:

  • Perangkat Anda membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya untuk memuat atau membuka browser atau halaman web.
  • Setiap kali Anda membuka aplikasi, aplikasi akan segera ditutup.
  • Saat aplikasi Anda menerima pembaruan pengembang atau pembuat, kosongkan Cache Aplikasi Anda. – Saat menjelajah dan browser Anda tidak dapat membuka halaman, yang Anda lihat minggu lalu.
  • Perangkat Anda secara keseluruhan lambat merespons, dan Anda kehabisan ruang memori tetapi belum mengunduh apa pun.

Biasanya, saat kami mengalami masalah dengan komputer atau tablet kami, kami mengatur ulang dan berharap ini akan berfungsi saat boot. Mengosongkan cache pada dasarnya adalah ajakan bertindak yang setara saat ponsel Android Anda mengalami masalah. Beberapa akan merekomendasikan membersihkan cache Anda setiap minggu. Orang lain akan mengingatnya

akhiri membersihkan cache kapan pun ada pembaruan yang dibutuhkan perangkat Anda. Berapa kali Anda perlu menghapus cache akan berbeda berdasarkan penggunaan dan model Android yang Anda miliki.

Kesimpulan

Kapan pun perangkat Android Anda berjalan lambat, atau Anda tidak bisa mendapatkan tingkat kinerja yang sama seperti sebelumnya, atasi masalah dengan mengosongkan cache. Meskipun ini tidak akan menyelesaikan semua masalah atau mengatasi masalah, biasanya, ketika perangkat lambat memuat aplikasi atau terus mogok, ada sesuatu di dalam memori atau sistem operasi yang kewalahan.

Mengosongkan cache Anda untuk Android adalah salah satu cara untuk menjaga kinerja perangkat Anda dan menjaga keamanan informasi Anda. Dengan begitu banyak aplikasi dan situs web yang memerlukan masuk, membersihkan cache dapat mencegah informasi Anda dicuri atau disalahgunakan. Jadikan membersihkan cache sebagai bagian dari rutinitas Anda dalam menjaga perangkat Android Anda adalah kehidupan. Baca lebih lanjut tentang Pengelola Perangkat Android dan Auto.New panduan: jangan kehilangan kontak Anda karena perangkat Android baru.