web analytics
Cara Menggunakan Mail Merge.
Cara Menggunakan Mail Merge.

Cara Menggunakan Mail Merge

KABARPERTIWI.COM – Cara Menggunakan Mail Merge. Sudah pernahkah saat membuat surat pernyataan, undangan, acara dan semacamnya berasa kerepotan karena jumlahnya yang menerima yang perlu dicatat. Dapat dipikirkan bila banyaknya ada beberapa ratus pasti memerlukan waktu lama dan riskan terjadi kekeliruan penulisan.

Sebetulnya ada langkah untuk yang percepat waktu dan tugas pembikinan beragam surat itu yakni dengan manfaatkan feature mail merge yang ada di Microsoft Word. Tapi apa sudah mengetahui bagaimanakah cara memakai feature mail merge pada Microsoft Word.

Apakah itu Mail Merge

Harus dipahami, mail merge ialah feature yang ada di Microsoft Word yang bermanfaat untuk pembikinan surat dan document yang lain didalamnya sama, tetapi identitas penerimanya saja yang lain.

Jadi dapat menukar nama, alamat, no smartphone, alamat e-mail dan lain-lain dengan automatis, tak perlu menuliskan satu-satu. cukup menghubungkan file yang berada di Ms Word dengan file Microsoft Excel, Microsoft Acces atau Outlook. Nach dibanding ingin tahu, berikut tutorial memakai mail merge dengan cepat dan mudah.

Langkah Memakai Mail Merge

Saat sebelum mengawali, kami di sini akan memberikan contoh membuat mail merge memakai Microsoft Word dengan Excel. Ke-2 nya diputuskan karena lebih gampang dipraktikkan dan akrab untuk beragam pemakai computer. Silakan turuti tutorialnya berikut:

1.      Membuat file master surat di Word

Membuat file master surat di Word
Membuat file master surat di Word

Langkah awal saat sebelum memakai mail merge, yakinkan telah mempersiapkan file master surat undangan yang hendak beri nama yang menerima yang lain. Yakinkan semua penulisan telah betul dan tidak ada salah ketik. Kosongkan di bagian yang hendak diisikan database dengan memakai mail merge.

Berikut ini contoh surat undangan yang kami bikin. Pada artikel ini kali kami akan membuat undangan dengan menamai, alamat dan alamat e-mail. bebas melakukan modifikasi sisi ini sesuai kepentingan.

2. Membuat database yang menerima di Excel

Membuat database yang menerima di Excel
Membuat database yang menerima di Excel

Sesudah file master surat telah maka cara seterusnya dapat mengawali dengan membuat file baru di Microsoft Excel. Silakan buat tabel sesuai keperluan dimulai dari nomor, nama, alamat, no HP dan e-mail. Isilah semua datanya dan yakinkan semuanya sudah tercatat secara benar.

3. Mengoneksikan mail merge dengan Excel

Untuk mengawali menghubungkan surat dengan database e-mail, triknya di bawah ini.

Buka menu ‘Mailings’

Langkah awal silakan tentukan menu Mailings, lokasinya ada di bagian menu atas Microsoft Word.

Pilih menu ‘Start Mail Merge’

Sesudah menu Mailings dipilih, silakan membuka dan tentukan menu Start Mail Merge, lokasinya ada pada sudut atas kiri dekat sama menu Save.

Pilih menu ‘Step-by-Step Mail Merge Wizard’

Selanjutnya scroll ke bawah pada Start Mail Merge dan tentukan menu Step-by-Step Mail Merge Wizard yang lokasinya paling bawah sendiri.

Tentukan “Dokumen tipe”

Dalam menu dokumen tipe, ada banyak opsi seperti Letters, E-mail messages, Envelopes, Labels dan Direktori. Karena di sini kita akan membuat surat karena itu silakan pilih ‘Letters’.

Tentukan “Next: Starting dokumen”

Silakan tentukan starting dokumen untuk meneruskan ke starting dokumen.

Tentukan “Select starting dokumen”

Pada select starting dokumen, 3 opsi berlainan. Silakan pilih teratas sendiri ‘Use the current document’, menu ini memiliki arti memakai document sendiri yang telah dibikin awalnya.

Tentukan “Next: Select recipients”

Silakan tentukan starting dokumen untuk meneruskan ke select recipients.

Tentukan menu “Use an existing daftar”

Dalam menu select recipients, silakan pilih Use an existing daftar selanjutnya tentukan menu ‘Browse’, silakan tentukan lokasi database yang menerima yang telah buat awalnya. Apabila sudah betul silakan click ‘Ok’ dan akan ada tabel excel sama seperti yang buat awalnya, silakan click ‘Ok’ untuk meneruskan.

Seterusnya tentukan menu “Next: Write your letter”

4.      Insert Mail Merge pada surat

Paling akhir, tinggal memasukkan mail merge pada surat. Triknya gampang sekali silakan saksikan gambarnya di bawah ini.

Tentukan menu Insert Merge Field, lokasinya masih satu menu dengan Mailings. Selanjutnya saran Field sesuai sisi nama, alamat dan nama e-mail. Yakinkan Field sesuai lokasinya, nanti pada samping tulisan Nama, Alamat dan E-mail bakal ada tulisan <>, <> dan <>.

5.      Preview hasil Mail Merge

Paling akhir, dapat menyaksikan seting mail merge yang telah buat apa sukses atau mungkin tidak. dapat memeriksanya dalam menu ‘Preview Results’, untuk memeriksa daftar namanya dapat geser pertanda panah dari sisi preview results.

 

Demikian artikel ini membahas tentang mail merge. Caranya sangat gampang bukan langkah memakai mail merge pada Microsoft Word? Semoga bermanfaat.

Terima kasih. Sumber:qwords.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *