Gampang!! Ini Cara Mengatasi Windows 10 yang Lambat

KABARPERTIWI – Windows 10 di netbook Anda lelet? Kita tentu berasa tidak nyaman dan terusik bila netbook mendadak jadi lamban. Kadang, ini memang dihadapi oleh netbook/computer yang telah di up-grade ke Windows 10.

Situasi kerja yang awalannya penuh fokus jadi bubar saat kita harus hadapi netbook yang mulai loadingnya lama sekali. Apa Anda sempat juga merasakannya?

[toc]

Bila netbook lelet, maunya kita netbook dapat selekasnya kembali berjalan normal. Jalan keluar yang diambil umumnya ialah meng-instal ulangi windows 10 di netbook meskipun memerlukan saat yang beberapa jam. Apa lagi bila kita harus mengalihkan beberapa file penting. Tetapi nantikan dahulu!

Cara Mengatasi Windows 10 yang Lambat
Cara Mengatasi Windows 10 yang Lambat

Seharusnya tidak boleh cepat-cepat memasang ulangi netbook Anda karena netbook yang lelet tidak selalu harus di instal ulangi. Rupanya ada cara-cara yang dapat Anda kerjakan untuk menangani windows 10 yang lelet di netbook.

Jadi saat sebelum putuskan memasang ulangi netbook/ computer Anda dapat coba panduan di bawah ini!

Up-date Driver Graphic

Salah satunya pemicu netbook jadi lelet sesudah di-install windows 10 ialah karena belum memperbaharui driver graphic.

Karena itu yakinkan jika computer/netbook Anda telah up-date driver graphic. Untuk menentukannya coba click “File Explorer” > click kanan pada “This PC” > click “Properties” > tentukan “Piranti Manajer”.

Anda akan masuk pada bermacam menu, click tanda panah ke kanan pada “Display Adaptor” lalu Anda akan mendapati sub menu > click kanan > click “Up-date driver” > tentukan “Search automatically for up-date software driver”. Tunggu sesaat sementara netbook sedang mengolahnya. Yakinkan netbook/computer Anda tersambung dengan koneksi internet yang konstan.

Kalau sudah terupdate click “Close”. Tetapi bila driver telah di up-date ke versus yang terkini tetapi netbook atau computer Anda windows nya masih nge-lag atau lamban, karena itu Anda dapat coba cara yang ke-2 .

Meniadakan File Sampah (Tidak Terpakai) di Netbook/Computer

Seterusnya Anda dapat meniadakan file-file sampah yang berada di computer/netbook Anda bila sesudah versus driver graphic telah terupdate tetapi computer masih lamban.

File-file sampah ini umumnya terselinap dan tidak teridentifikasi kehadirannya. Ada banyak step dalam meniadakan file-file sampah yang berada di netbook/computer, yaitu :

1. Hapus File Sampah Pada Folder Prefecth

Hapus File Sampah Pada Folder Prefecth
Hapus File Sampah Pada Folder Prefecth
  • Pencet Windows + Tombol R pada keyboard
  • Tulis prefetch pada kolom > lalu click “OK”
  • Bila Ada penampilan berikut di bawah ini, cukup pencet “Continue”
  • Anda akan mendapati banyak file/ folder. Itu ialah file-file sampah yang berada di netbook atau computer Anda. File-file ini ialah file-file proses yang tidak di pakai dan sebagai file sampah yang di menghasilkan proses dari program yang telah berjalan. Seterusnya untuk meniadakan file-file sampah itu click ctrl A > click kanan > click “Delete”
  • Nantikan proses penghilangan file sampah sepanjang sesaat
  • Bila netbook/computer tampilkan penampilan sepertu di bawah ini, Anda dapat mencontreng “Do this for all current items” > click “Skip”
  • Tunggu bberapa saat sampai file-file terhapus semua

2. Hapus File Sampah pada Folder %temp%

  • Pencet kembali Windows + Tombol R pada keyboard
  • Pencet shift + angka 5 (%) > tulis “temp” > shift + angka 5 (%) /tulisannya jadi ini : %temp%
  • Lalu click OK
  • Anda akan mendapati bermacam file/folder sampah kembali. File-file ini ialah file sisa yang di menghasilkan dari beberapa program computer yang pernah Anda lakukan tetapi tidak di pakai kembali. Seterusnya click crtl A > click kanan > click “Delete”
  • Nantikan proses penghilangan file sampah sepanjang sesaat (sama dengan awalnya). Pada folder temp ini, file-file sampah akan ada secara automatis saat Anda buka program/ program di computer/ netbook. File-file ini berperan untuk memuat proses saat Anda buka sebuah program.

3. Hapus File Sampah di Folder TEMP

  • Pencet kembali Windows + Tombol R pada keyboard
  • Tulis TEMP pada kolom (huruf besar semua) > click OK
  • Anda akan mendapati bermacam file/folder sampah kembali. File-file ini tidak dipakai dan bisanya mengusik proses log in hingga jadi lebih lamban. Seterusnya Click crtl A > click kanan > click “Delete”
  • Click “File Explorer” > Tentukan “This PC” > click kanan “OS : C/ local disk C” dan tentukan “Properties”
  • Tentukan tombol “Disk clean up” sama dalam gambar di bawah
  • Tunggu sesaat
  • Centanglah file-file yang berbobot memori (bukan yang 0 kb). Bila netbook/ PC jarang-jarang di membersihkan file sampahnya karena itu keseluruhannya umumnya dapat capai beberapa Gigabyte
  • Click OK > tentukan “Delete File”
  • Tunggu sesaat, sementara penghilangan sedang berjalan. Lantas click OK
Hapus File Sampah di Folder TEMP
Hapus File Sampah di Folder TEMP

4. Hapus File Sampah yang Berada di Folder “Software distribution”

  1. Masuk kembali ke “File Explorer”
  2. Click local disk C (tempat windows 10 di instal)
  3. Pilih folder “Windows”
  4. Click folder “Software distribution” > click folder “Unduh”
  5. Anda akan mendapati beberapa file/folder didalamnya. Hapus semua file didalamnya karena file-file itu sebagai file-file sampah yang tidak dipakai kembali dengan mendesak ctrl A pad keyboard > click kanan > lalu tentukan “Delete”

5. Membersihkan Recycle Bin

Masuk ke Recycle Bin lalu click kanan > tentukan “Empty this recycle bin” > tentukan yes > continue. Untuk meniadakan recycle bin juga bisa dengan click ctrl + huruf A lalu click kanan > dan click “Delete”.

Yakinkan file-file sampah terselinap di netbook/ computer Anda telah terhapus semua hingga Anda dapat nikmati perform yang bisa lebih cepat dari netbook/PC Anda.

Performance Setting

Langkah yang ke-3 yang dapat Anda dapat kerjakan dengan lakukan seting pada “Performance Setting”. Ini ialah cara supaya kinerjance dari netbook/ computer Anda yang memakai Windows 10 dapat semakin baik. Anda dapat lakukan beberapa langkah di bawah ini!

  1. Click “File Explorer”
  2. Click kanan pada “This PC” > Tentukan “Properties”
  3. Tentukan “Advanced sistem seting” lalu click “Seting”
  4. Anda akan masuk di menu “Performnce Pilihan”, tukar opsi “Let Windows choose what’s the best for my komputer” jadi “Adjust for the best performnce”
  5. Lalu click “Apply > click OK

Panduan Untuk Membenahi Penampilan Netbook atau Computer

Dengan pilih “Adjust for the best performnce”, penampilan windows 10 kemungkinan sedikit kurang memikat baik dari sisi font atau ikon gambar.

Tetapi perform netbook akan berasa bisa lebih cepat saat Anda buka satu file atau program. Supaya penampilan dari windows 10 dapat semakin baik dari sisi performanya Anda dapat mengikut panduan berikut!

1. Langkah Membenahi Penampilan Font pada Folder Laptrop/ Computer

  • Click pada menu “Search” dan tuliskan “clear”
  • Tentukan “Adjust clear tipe teks”
  • Contreng sisi “Turn on clear tipe”, lalu click “Next” sama dalam gambar di bawah
  • Lanjutkan mengeklik “Next”, sampai berjumpa dengan tombol “Finis”

 

2. Langkah Membenahi Penampilan Ikon Gambar pada File Gambar

Penampilan ikon gambar di netbook/ computer yang sudah dilakukan langkah-langkah untuk tingkatkan perform akan berbeda. Kita jadi tidak dapat menyaksikan preview gambar walau sudah men-setting menu view jadi “Ekstra large ikon” sama dalam gambar di bawah ini.

Anda kemungkinan kesusahan ambil gambar saat di butuhkan karena harus membukanya lebih dulu.

Lalu bagaimanakah cara supaya preview gambar dapat kelihatan tetapi tidak turunkan perform netbook/computer Anda? Karena itu, Anda dapat coba lakukan beberapa langkahdi bawah ini!

  • Click menu “View” > click menu “Pilihan” sama dalam gambar di bawah ini
  • Click “Change folder and search pilihan”
  • Kemudian click kembali “View”
  • Click “Restore Standar”
  • Click “Apply” > OK

Nach saat ini penampilan ikon gambar yang saat sebelum tidak terliha, sekarang dapat kelihatan previewnya saat kita tentukan pilihan “Large ikon” atau “Ekstra large ikon” dalam menu view.

Intisari

Nach itu cara-cara yang dapat Anda kerjakan untuk menangani Windows 10 yang lelet di netbook atau computer. Rupanya tidak susah kan? Daripada langsung memasang ulangi netbook atau PC, mengapa tidak coba beberapa cara sederhana di atas? Mudah-mudahan beberapa tips di atas berguna, dan selamat cobanya.

 

Kamu Perlu Baca Juga : Cara Mematikan Update Windows 10

About Administrator

Check Also

Cara Transfer Saldo Dana ke ShopeePay dan Sebaliknya

Kabarpertiwi.com – Bagaimana cara transfer saldo Dana Ke ShopeePay atau Transfer Shopeepay ke DANA? Sebenarnya …