web analytics
Cara Mempercepat Kinerja Windows 10 Paling Ampuh Agar Tidak Lemot
Cara Mempercepat Kinerja Windows 10 Paling Ampuh Agar Tidak Lemot

Cara Mempercepat Kinerja Windows 10 Paling Ampuh

KABARPERTIWI – Bagaimana Cara Mempercepat Kinerja Windows 10 Agar tidak lemot ketika dibuat kerja?  Ada banyak cara yang perlu kita kerjakan untuk memaksimalkan perform Windows 10. Semua harus dilakukan satu persatu agar kinerja Windows Meningkat.

Untuk Mempercepat Kinerja Windows, anda bisa mulai dari atur Boot Menu Timeout, ini akan memberikan efek pada Windows ketika dihidupkan, proses booting menjadi lebih cepat.

Windows 10 yang disebut mekanisme operasi terbanyak dipakai sekarang ini mempunyai banyak keunggulan jika dibanding dengan versus di bawahnya. Beberapa fiturnya yang komplet dan kompatibilitasnya yang tinggi membuat benar-benar nyaman dipakai untuk beragam kepentingan.

Percepat loading Windows 10 ialah satu hal yang harus Anda perhatikan bila ingin memaksimalkan keproduktifan saat bekerja, karena kita sama tahu jika Windows yang lelet selain menghambat pekerjaan juga dapat menghancurkan suasana hati bahkan juga membuat marah.

Kali ini kita akan membahas beberapa cara yang dapat dilakukan dan betul-betul baik untuk membikin Windows 10 Anda tetap ringan, cepat, dan anti lelet.

1. Percepat booting Windows 10 (Boot Menu Timeout)

Untuk Mempercepat Kinerja Windows 10 maka anda harus percepat proses booting saat netbook atau PC pertama kalinya dihidupkan. Anda pasti tidak mau menanti loading Windows yang kelamaan sampai masuk ke desktop. Ini dapat percepat dengan kurangi durasi waktu Boot Menu Timeout (BMT).

Saat computer dihidupkan, boot menu akan diperlihatkan dalam waktu tertentu saat sebelum Windows termuat, maksudnya supaya pemakai dapat lakukan komposisi atau hal-hal lain seperti masuk ke Safe Mode.

Secara standar, boot menu disetting dengan durasi 30 detik, dengan waktu booting 30 detik cukup lama, maka Kita dapat kurangi durasi waktu startup Windows 10 Booting.

Berikut Cara Mempercepat Booting Windows 10:

  • Masuk ke Kontrol panel
  • Pilih System
  • Click Advanced system Settings
  • Masuk ke tab Advanced
  • Click Settings dalam menu Startup and Recovery
  • Pada pilihan Time to display list of operating systems tukar jadi 10 seconds
  • Click OK
Mempercepat Kinerja WIndows Dengan Setting Booting
Mempercepat Kinerja WIndows Dengan Setting Booting

Sesudah usai re-start computer. Anda akan rasakan dampak yang disebabkan karena settingan ini, booting Windows 10 anda lebih cepat ketika menampilkan boot menu.

2. Matikan efek transparan

Salah satu fitur Windows 10 adalah start menu yang transparan. Start menu dan Taskbar transparan memang bisa membuat penampilan Windows 10  kelihatan lebih elok, Efek transparan ini pasti membutuhkan beberapa resource untuk menjalankannya.

Dengan mematikan efek transparan ini kita dapat mengirit penggunaan resource hingga membuat kinerja sistem jadi lebih ringan dan cepat.

Efek transparan pada Windows 10 ini menggunakan resource yang lumayan banyak, khususnya pada RAM, untuk netbook atau PC dengan spesifikasi yang pas-pasan justru dapat membuat performnya jadi lamban.

Maka untuk Mempercepat Kinerja Windows 10 kita dapat mematikan feature Transparan ini. Ikuti Langkah-langkahnya berikut ini:

  • Click tombol Windows lalu click Settings (tombol gear)
  • Tentukan Personalization
  • Click menu Colour
  • Click pada pilihan Transparency efeks sampai jadi Off
Matikan efek transparan
Matikan efek transparan

Sesudah Transparency efeks dimatikan, Efeknya memang tidak begitu terasa namun banyak resource yang tidak lagi di kuras oleh efek Transparan ini.

Untuk membikin penampilannya jadi lebih nikmat disaksikan, Anda dapat sesuaikan berwarna, tukar jadi warna yang lebih halus dan sesuai selera.

3. Matikan Efek Animasi

Untuk membuat tampilan menarik dan tampak bagus, Windows 10 dilengkapi dengan Efek Animasi. Namun, Efek yang memanjakan mata ini membutuhkan banyak resource.

Untuk percepat Windows 10 supaya makin enteng, maka fiture Efek Animasi ini semestinya dimatikan.  Untuk mematikan Efek Animasi Windows 10, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Buka Control Panel
  • Tentukan System
  • Click pada Advanced system settings
  • Tentukan tab Advanced
  • Pada pilihan Performnce click Settings
  • Pada tab Visual Efeks contreng pada Adjust for best performnce
  • Click OK
Matikan Efek Animasi
Matikan Efek Animasi

Rasakan efek setelah fitre Efek animasi ini dimatikan. Kinerja Windows 10 makin ringan. Tampilan juga berubah menjadi flat tanpa animasi. Namun, kinerja windows 10 makin kencang.

4. Membersihkan PC dengan Program cleaner

Untuk jaga mekanisme masih tetap enteng kita perlu bersihkan Windows dari file sampah seperti cache, temp file, thumbnail, dan file tersisa dari program yang telah dihapus. Kita dapat memakai program cleaner untuk lakukan pembersihan secara automatis.

Ada banyak program cleaner terbaik yang saya pernah gunakan dan cukup senang dengan hasilnya, Anda dapat menyaksikan daftar referensinya di sini:

Aplikasi cleaner PC terbaik untuk Windows

Bersihkan Windows dari file sampah seharusnya dilaksanakan secara periodik untuk menahan file-file itu menimbun dan membuat computer kita jadi lemot. Disamping itu file sampah yang tak pernah dibikin bersih akan membuat hard disk cepat penuh.

5. Matikan startup program yang tidak dibutuhkan

Saat PC dihidupkan, Windows akan meload beberapa program yang aktif pada startup. Makin banyak program startup yang aktif, maka waktu diperlukan sampai PC untuk siap dipakai akan makin lama.

Anda kemungkinan menyaksikan cursor cuman berputar sesudah masuk ke desktop di saat computer dihidupkan, ini mengisyaratkan jika program startup yang termuat oleh Windows kebanyakan dan berat.

Maka, yang harus dilakukan adalah mematikan program yang startup bersamaan dengan booting windows. Ikuti langkah-langkahnya:

  • BukaTask Manajer, dapat dengan click kanan pada Taskbar lalu pilih Task Manajer atau tekan Ctr+Alt+Dell bersamaan pada keyboard.
  • Masuk ke tab Startup, tampak daftar program yang di load di saat PC dihidupkan
  • Perhatikan program apa saja yang tidak begitu penting untuk dimatikan.
  • Cara mematikan dengan click 1x lalu click Disabled
Matikan startup program yang tidak dibutuhkan
Matikan startup program yang tidak dibutuhkan

Dengan cara mematikan program yang tidak penting di startup, maka kinerja Windows 10 pada saat dinyalakan pertama kali makin cepat siap digunakan.

6. Matikan panduan triks suggestion

Feature Panduan Triks Sugestion ini berperan untuk mempermudah pemakai dengan memberinya saran-saran berbentuk pemberitahuan popup saat menjalankan Windows 10.

Pemberitahuan yang ada terus-terusan bisa juga berasa mengusik dan memakan resource komputer, oleh karenanya sebaiknya dimatikan supaya bisa meingkatkan kinerja performa Windows 10.

Untuk mematikan Panduan Triks Suggestion, ikut langkahnya berikut ini:

  • Click tombol Windows
  • Click Settings
  • Tentukan Notifications and actions
  • Matikan pilihan Get panduan, triks, and suggestions as you use Windows
Matikan panduan triks suggestion
Matikan panduan triks suggestion

7. Ganti Settingan Power Plan

Settingan power plan bisa juga punya pengaruh pada perform Windows 10, ketika ada pada model Power saver plan, maka Windows secara automatis akan menurunkan perform CPU dan RAM dengan mengarah untuk mengirit battery.

Untuk jaga supaya perform Windows 10 masih tetap konstan dan cepat karena itu kita harus memakai settingan power rencana yang pas, dalam kata lain kita cuman memakai power saver rencana saat betul-betul dibutuhkan saja.

Untuk merubah power plan, ikut langkahnya berikut ini:

  • Masuk ke Control Panel
  • Tentukan Power Plan
  • Pada power Plan yang aktif, click pilihan Change Plan settings
  • Pada pilihan paling bawah, click Change advanced power settings
  • Tentukan salah satunya di antara Balanced atau High performnce
  • Click OK
Ganti Settingan Power Plan
Ganti Settingan Power Plan

Saat memakai netbook pada kondisi kabel pengisi daya tidak tercolok, maka gunakan settingan Balanced untuk mengirit battery, Untuk mempercepat kinerja Windows 10, gunakan setingan High performnce, namun setingan ini bisa menguras daya battery secara cepat.

8. Matikan program tidak dibutuhkan

Makin banyak program yang terinstall di Windows 10 akan mengakibatkan makin banyak juga dari proses program itu yang berjalan pada latar belakang. Dari proses berjalannya beberapa program latar belakang ini memanglah tidak kelihatan, tetapi dapat makan resource yang lumayan banyak dan mengakibatkan computer berasa berat.

Untuk percepat perform Windows 10 supaya masih tetap enteng, karena itu seharusnya beberapa program yang berjalan pada background ini dimatikan memakai Task Manajer, khususnya saat computer sedang melakukan pekerjaan berat.

Untuk mematikan program yang berjalan di background, Langkahnya adalah:

  • Buka Task Manajer
  • Masuk ke tab Processes
  • Sortir program berdasar penggunaan memori
  • Tentukan program yang tidak dibutuhkan lalu click End task
  • Ulangi pada program lain yang tidak dibutuhkan
Matikan program tidak dibutuhkan
Matikan program tidak dibutuhkan

Mematikan beberapa program background memakai Task Manajer ini cukup bermanfaat untuk mempercepat kinerja windows dengan mengurasi pemakaian resource yang ada, khususnya Memori dan CPU, masih tetap rendah presentasi pemakaiannya.

9. Membersihkan PC dari bloatware, adware, dan spyware

Komputer yang dipenuhi dengan bloatware, adware, dan spyware sudah tentu akan alami pengurangan pada performnya, pada kasus yang kronis bahkan juga dapat membuat Windows down. Program ini biasanya terbawa ketika anda install software bajakan atau asal download saja.

Untuk mengatasi hal tersebut, agar tidak membuat  Windows 10 jadi lamban, maka kita harus membersihkan bloatware, adware maupun spyware ini dengan memakai antivirus.

Windows 10 telah dilengkapi dengan Windows Security (dahulu namanya Windows Defender), antivirus yang cukup powerfull untuk menahan beragam gempuran malware. Anda harus memastikan Windows Security selalu up-date, dan aktifkan real-time protection untuk menahan malware masuk saat menjelajahi internet.

Untuk Memastikan Windows Security Aktif, ikuti Langkahnya:

  • Masuk ke Settings dengan click tombol Windows > Setting (click tombol gear)
  • Tentukan Up-date dan Security
  • Tentukan Windows Security
  • Click Virus and threat protection
  • Click Manage settings
  • Aktifkan Real-time Protection dan semua pilihan yang ada
Membersihkan PC dari bloatware, adware, dan spyware
Membersihkan PC dari bloatware, adware, dan spyware

Windows Security ini cukup bagus untuk menahan Windows 10 dari terserang virus. Kuncinya ialah kita harus waspada dalam meng-install program dari sumber yang kurang paling dipercaya, khususnya yang tawarkan versus full dengan gratis alias bajakan, umumnya virus dan malware sering kali masuk dari aplikasi tersebut.

10. Lakukan Disk Cleanup

Disk Cleanup berfungsi untuk membersihkan ruang penyimpanan. Ruangan penyimpanan yang makin penuh khususnya yang dipakai untuk simpan file system dapat menurunkan perform Windows 10. Oleh karenanya kita harus pastikan ruangan penyimpanan yang ada tidaklah sampai penuh. Feature Disk Cleanup dapat kita gunakan untuk menangani persoalan ini.

Untuk percepat Windows 10 kita harus bersihkan file-file sampah yang menimbun itu. Ikuti langkahnya berikut ini:

  • Click tombol Windows
  • Tulis “disk cleanup” pada search bar
  • Tentukan program Disk Cleanup yang ada dalam menu Start
  • Tentukan drive C
  • Contreng file-file temporary yang ingin dibikin bersih
  • Click Clean sistem files
  • Click OK
Lakukan Disk Cleanup
Lakukan Disk Cleanup

Untuk lakukan pembersihan hard disk secara automatis dari file-file sampah yang dapat memperberat mekanisme, kita dapat manfaatkan sebuah feature dari Windows 10 namanya Storage sense.

Feature ini cukup berguna untuk jaga supaya drive C tidak cepat penuh, khususnya sesudah mengupdate sistem, karena umumnya file Windows yang lama masih tetap disimpan di hard disk terkecuali kita membersihkan.

Caranya adalah:

  • Masuk ke Settings
  • Pilih  System
  • Tentukan Penyimpanan
  • Click pada pilihan Storage sense sampai jadi On

Untuk bersihkan file sampah di Windows 10 secara automatis Anda dapat click dalam menu Configure Penyimpanan sense or run it now yang berada di bawah tombol on/off. Kemudian tentukan agenda pembersihan automatis yang diharapkan, apa tiap hari, per dua minggu, /bulan, atau per 2 bulan.

Itulah 10 Cara Mempercepat Kinerja Windows 10 yang pasti memberikan efek luar biasa. Seperti Booting lebih cepat, Sistem bekerja lebih ringan dan pastinya dengan peningkatan Performa Kinerja Windows 10, produktifitas makin tinggi.

Selamat mencoba!