Begini Cara Backup Pesan WhatsApp Agar Tidak Hilang

KABARPERTIWI – Banyak Pengguna Smartphone yang mengganti ponselnya dalam periode yang tidak lama, bahkan sering kali bergonta ganti ponsel, agar pesan WhatsApp tidak hilang, inilah cara backup pesan WhatsApp dengan mudah.

Pada saat ponsel ganti, bisa jadi ada pesan ataupun dokumen dalam WhatsApp yang sangat penting, sehingga penting bagi kita untuk membackup WhatsApp, karena bisa jadi dokumen penting dalam WhatsApp belum tersimpan didalam memory eksternal.

Jangan kawatir, untuk mengantisipasi hal diatas, kabarpertiwi akan mengupasnya untuk anda.

Inilah cara Backup data WhatsApp dengan mudah :

Backup WhatsApp Ke Google Drive.

Cara Mudah backup WhatsApp adalah dengan melakukan backup ke Google Drive, cara ini bisa dilakukan secara otomatis dengan melakukan setup untuk backup secara berkala.

Dengan cara backup WhatsApp ini, kamu tidak perlu kawatir akan kehilangan data pesan WhatsApp. Demikian juga pada saat anda berganti smartphone, maka dengan mudah dapat dan otomatis mengembalikan data WhatsApp ke ponsel baru.

Begini cara Backup WhatsApp ke Google Drive :

  1. Buka Aplkasi WhatsApp Di Ponsel Anda.
  2. Pilih tombol Menu titik tiga di pojok atas > Settings > Chats > Chat Backup.
  3. Klik Opsi Backup to Google Drive & pilih frekuensi atau jadwal backup data yang kamu inginkan atau klik Backup untuk segera melakukan backup data sekarang juga.
  4. Setelah itu, pilih akun Google yang akan di gunakan untuk backup data chatting di WhatsApp.
  5. Lalu, klik pada Backup dan pilih jaringan yang ingin kamu gunakan untuk melakukan proses backup.

Untuk Pengguna WhatsApp yang sangat tinggi penggunaanya, kami sarankan untuk melakukan schedule backup WhatsApp menggunakan frekuensi daily, atau backup setiap hari. Secara otomatis setiap hari WhatsApp akan melakukan backup secara otomatis.

Setelah, anda melakukan langkah-langkah Backup data WhatsApp diatas, anda tidak perlu kawatir lagi kehilangan data ataupun pesan WhatsApp. Terlebih jika di jadwal backup daily, maka kehilangan data WhatsApp sangat kecil.

Begini Cara Backup Pesan WhatsApp
Begini Cara Backup Pesan WhatsApp

Proses Backup data sudah dilakukan, maka otomatis chatting WhatsApp anda tidak akan hilang walau ganti ponsel.

Banyak Pengguna yang tidak melakukan pengaturan backup data WhatsApp, maka setiap ganti smartphone baru, mereka kebingungan karena data WhatsApp hilang. Nah, setelah anda melakukan langkah backup data WhatsApp diatas, anda dapat mengembalikan data WhatsApp secara otomatis ketika berganti smartphone.

Nah, inilah cara mudah mengembalikan data pesan WhatsApp. Namun, Langkah ini hanya bisa dilakukan jika anda sudah melakukan backup WhatsApp ke Google Drive, seperti langkah diatas.

Jika anda berganti Ponsel dan melakukan installasi Aplikasi WhatsApp, maka pada saat seting akun WhatsApp pertama kali, WhatsApp akan memberikan opsi untuk melakukan pemulihan riwayat chating dan Media di WhatsApp dari data backup yang sudah dilakukan.

Untuk mengembalikan pesan dan data WhatsApp, Pilihlah opsi pulihkan. WhatsApp akan melakukan restore data backup ke WhatsApp baru dengan otomatis. Data restore Bisa berisi chatting dan dokumen di Aplikasi WhatsApp.

Pastikan Nomor yang diguanakan sama dengan nomor WhatsApp lama. Begitu juga dengan email yang didafatrkan di ponsel, sama dengan email yang digunakan untuk backup data

Perlu diingat, jika anda tidak melakukan Backup WhatsApp sebelumnya, atau baru menggunakan akun WA Pertama kali, maka data backup pasti tidak ditemukan.

Itulah cara agar tidak kehingan data chatting WhatsApp dengan Mudah.

Silahkan dicoba cara Backup WhatsApp ini, semoga berhasil.

 

About Administrator

Check Also

Cara Transfer Saldo Dana ke ShopeePay dan Sebaliknya

Kabarpertiwi.com – Bagaimana cara transfer saldo Dana Ke ShopeePay atau Transfer Shopeepay ke DANA? Sebenarnya …