web analytics
9 Aplikasi Berbahaya, Hapus Demi Keamanan Rekening Bank Kamu
9 Aplikasi Berbahaya, Hapus Demi Keamanan Rekening Bank Kamu

9 Aplikasi Berbahaya, Hapus Demi Keamanan Rekening Bank Kamu

KABARPERTIWI.COM – Saat ini banyak aplikasi berbahaya yang dapat mengancam keamanan Rekening Bank, apabila aplikasi ini terpasang di ponsel. Aplikasi berbahaya ini berhasil mengecoh keamanan Google Play Protect.

 

Menurut Chek Point Research, ada sebuah dropper yang bernama Clast82 dapat Menghindari deteksi oleh Google Play protect, Cast82  dapat mengubah muatan sebuah aplikasi yang tidak berbahaya menjadi aplikasi yang berbahaya,  yaitu aplikasi yang dapat mengakses akun keuangan dan mengendalikan  korbannya. 

 

Check Point juga menyebutkan bahwa  dropper  dapat dipicu dari jarak jauh dengan cara memasukkan kode berbahaya ke dalam aplikasi keuangan yang sah. 

 

Jika Perangkat sudah berhasil dikendalikan,  penyerang dapat mengendalikan dan mengontrol fungsi tertentu, Seperti misalnya menginstal aplikasi baru di perangkat bahkan mengontrolnya sebagaimana mereka memegang perangkat secara fisik.

 

Check Point Menambahkan, Dikarenakan penyerang mampu mengubah perilaku asli aplikasi yang sudah terinfeksi pemindaian yang digunakan oleh Google Play protect tidak dapat menemukan Sisi jahatnya. 

 

Jadi solusinya adalah tetap memantau perangkat kita sendiri  dan  continue memeriksa koneksi dan perilaku aplikasi, sehingga dapat mendeteksi perilaku aplikasi tersebut. Jika ada aplikasi yang mencurigakan, segera periksa aplikasi tersebut.

 

Penemuan aplikasi Clast82 Telah dibahas dengan pihak Google pada tanggal 9 Februari dan an-nahl mengkonfirmasi bahwa semua aplikasi Clast82 Telah di suspend (Hapus)  dari Google Play Store. Ini merupakan angin segara bagi pelanggan google dan pengguna android. Pihak google juga terus melakukan upaya pengamanan bagi seluruh pengguna Android dengan berbagai aplikasi yang bisa merugikan pengguna android, terutama aplikasi yang bisa mengambil data pengguna.

 

Setiap aplikasi yang di unggah ke Google play store sudah melewat rangkaian pemeriksaan keamanan, salah satunya menggunanan rating aplikasi berdasarkan umur, dan melalui tahap review yang cukup baik dari team Google Play Store.

 

Namun demikian, masih saja ada Aplikasi yang lolos dari pemantauan dan review team Google. Nah, disinilah peran pengguna bisa diandalkan. Bagi pengguna Android yang merasa dan melihat aplikasi yang tidak baik, merugikan pengguna dan juga tidak sesuai dengan rating umur, maka pengguna bisa melakukan report ke pihak google untuk dilakukan tindakan. Tindakan yang dilakukan tergantung dari review ulang team Google. Bisa saja dilakukan take down atau suspen Aplikasi.

 

Berikut ini adalah daftar dari 9 aplikasi yang berbahaya karena merupakan aplikasi Clast82, segera hapus dari perangkat anda demi keamanan Rekening Bank Anda.

.

  1. Cake VPN (com.lazycoder.cakevpns)
  2. Pacific VPN (com.protectvpn.freeapp)
  3. eVPN (com.abcd.evpnfree)
  4. BeatPlayer (com.crrl.beatplayers)
  5. QR / Barcode Scanner MAX (com.bezrukd.qrcodebarcode)
  6. Pemutar Musik (com.revosleap.samplemusicplayers)
  7. tooltipnatorlibrary (com.mistergrizzlys.docscanpro)
  8. QRecorder (com.record.callvoicerecorder)
  9. eVPN (com.abcd.evpnfree)

Biarpun aplikasi yang berbahaya  yang teridentifikais dengan aplikasi Clast82 sudah sudah tidak ada di Play Store, tetapi tidak menutup kemungkinan Aplikasi tersebut masih ada di internet. Biasaya banyak repository aplikasi yang berada di luar Play Store.

 

Salah satu cara termudah untuk mengetahui apakah aplikasi yang akan diinstal merupakan aplikasi yang aman atau berbahaya adalah dengan mengecek cek rating dan juga komentar di Play Store (untuk Android) ataupun Apps Store (Untuk Iphone). Jika Rating bagus dan komentar juga bagus, berarti aplikasi yang akan di install merupakan aplikasi yang aman.

 

Jangan pernah menginstall aplikasi Android dari internet, apalagi aplikasi tersebut sudah tidak ada di Play Store, kemungkinan besar aplikasi tersebut sudah melanggar kebijakan Google, sehingga di hapus (Suspen) Sehingga tidak aman untuk ponsel dan data pribadi anda.

 

Semoga Bermanfaat, jangan lupa folow akun Fanspage Kami Kabar Pertiwi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.